Anak Menolak Sekolah Sejak Offline School, Kenapa ya?

penyebab anak menolak sekolah offline

Penyebab Menolak Sekolah Sejak Offline School – Jika papa mama bertanya-tanya penyebab susahnya anak untuk berangkat sekolah secara offline, papa mama tidak perlu bingung. Selama 2 tahun terakhir kebanyakan sekolah menerapkan sistem daring  untuk membatasi mobilitas dan keramaian sebagai bentuk pencegahan COVID-19. Bagi anak,  Penolakan itu bisa jadi indikasi anak untuk mendapatkan perhatian dan pengertian lebih dari papa mama. Memerlukan waktu untuk menciptakan kebiasaan baru menjalani offline school. Cari tahu yuk apa saja penyebab anak menolak sekolah sejak offline school! 

Daftar Isi:

  1. Penyebab Anak Menolak offline school School 
  2. Cara Mengatasi Anak Menolak Offline School 

Penyebab Anak Menolak Offline School 

Seiring dengan perkembangan COVID-19 di Indonesia yang semakin menurun, Pemerintah mulai mengizinkan kembali pelaksanaan sekolah dengan tatap muka atau lebih sering dikenal dengan offline school. Anak menjadi lebih antusias dan lebih bersemangat mendengar kabar baik ini. Namun, beberapa anak sebaliknya, mereka justru menolak melakukan pembelajaran secara offline.  

Ada beberapa penyebab anak menolak sekolah secara offline, berikut penyebabnya: 

Sudah Nyaman dengan Kebiasaan Sekolah Dalam Basis Jaringan (Online) 

Pandemi telah mengubah kebiasaan belajar sekolah pada umumnya. Anak terbiasa menjalani sekolah online yang tidak perlu menyiapkan diri untuk berangkat ke sekolah. Pembelajaran yang dilakukan di rumah bisa membuat anak lebih santai seperti menentukan posisi duduk suka-suka, bisa sambil nyemil, atau pun terkadang bermain game. Sedangkan Offline School siswa wajib mematuhi aturan dengan baik. Seperti menggunakan seragam yang rapi, duduk dengan sopan, serta bentuk aktivitas pembelajaran lainnya yang harus tertib. 

Selain itu, beberapa penugasan yang dirasa sangat memudahkan anak dalam pengerjaannya karena berbasis digital. Penugasan bisa dikerjakan fleksibel tanpa menggunakan cara konvensional seperti menulis dengan pena di atas kertas. 

Kebiasaan inilah yang menjadi alasan kebanyakan anak enggan untuk berangkat offline school. Kebiasaan ini harus menjadi fokus papa mama untuk mengubah mind set atau pola pikir anak. Perlu penjelasan dan pengertian kepada anak agar anak mau berangkat sekolah.

Terdapat Masalah dengan Akademik 

Penyebab lain dari anak menolak offline school adalah adanya masalah dengan kegiatan belajar anak. Papa mama perlu memastikan hal ini kepada anak, apakah ada aktivitas belajar yang mengganggu anak saat di sekolah. Biasanya anak kesulitan dalam mengerjakan tugas sekolahnya, namun Ia malu untuk mengungkapkannya. Karena itu, coba dekati dan tawarkan bantuan kepada anak dalam menyelesaikan tugas akademiknya. 

Hal lain yang berkaitan dengan masalah akademik adalah pemahaman anak terhadap mata pelajaran yang kurang. Terkadang anak bisa saja membenci suatu mata pelajaran di hari itu, coba dekati dan jelaskan jika setiap anak berhak memilih mata pelajaran yang Ia sukai atau tidak sukai, namun tidak ada kata menyerah untuk setiap mata pelajaran yang ada. Beri motivasi dan apresiasi atas apa yang selama ini Ia capai. 

Selain itu, pada masa sekolah online, banyak anak yang tertinggal secara akademik. Pembelajaran online tidak begitu maksimal dipahami atau dimengerti oleh anak. Hal itu yang membuat kemampuan akademik anak yang sulit berkembang. Seperti Anak kelas 4 SD tetapi masih seperti anak kelas 2 SD berdasarkan kemampuan akademik. 

Terdapat Masalah dengan Pertemanan di Sekolah 

Permasalahan dengan teman juga bisa jadi alasan anak menolak untuk offline school. Permasalahan yang paling sering terjadi adalah adanya kasus bullying dan kasus perselisihan pertemanan pada anak. Bukan hal yang mudah untuk mencari tahu hal ini. Terkadang anak menyembunyikan masalah ini ke papa mama. Tidak hanya itu, permasalahan dengan teman juga membuat anak semakin tidak fokus dalam belajarnya. 

Pada intinya, terdapat masalah pada diri anak dan lingkungan sekolahnya yang mengakibatkan anak menolak untuk offline school. Oleh karena itu, Papa mama perlu memberikan perhatian khusus untuk mengatasi anak agar mau kembali sekolah offline. Berikut adalah cara mengatasi anak menolak offline school.

Cara Mengatasi Anak Menolak Offline School 

  1. Mencari tahu penyebab spesifik anak menolak untuk berangkat sekolah, coba dekati dan tanyakan perlahan kepada anak, alasan apa yang menyebabkan menolak untuk offline school. 
  2. Sampaikan masalah ini kepada pihak sekolah agar pihak sekolah ikut membantu masalah ini. 
  3. Beri pengertian dan penjelasan tentang alasan sekolah lebih baik dilakukan secara offline. Jelaskan juga tentang keuntungan dari offline school. 
  4. Bantu anak secara bertahap belajar rutin. Perlahan mulai kebiasaan belajar rutin setiap hari. Agar memudahkan anak, buatlah jadwal belajar. 
  5. Mulai atur jadwal kegiatan sehari – hari anak seperti membatasi penggunaan jam gadget. Mama bisa mengizinkan bermain gadget saat weekend atau di saat free time maksimal satu jam per hari. 
  6. Pahami titik kemampuan anak, Jika kemampuan anak tidak sesuai dengan tingkat kelasnya. Maka coba untuk memfokuskan pembelajaran anak di tingkat usia tersebut agar anak bisa mengejar sesuai dengan tingkat kelasnya.  
  7. Isi waktu anak dengan les yang sesuai dengan minat agar anak tidak malas malasan di rumah. 
  8. Lakukan Olahraga ringan setelah bangun tidur bersama anak. Kegiatan ini akan memicu tubuh agar lebih bersemangat. 
  9. Memastikan anak agar tidur cukup, tidur cukup mencegah kantuk dan malas berlebih pada anak. 
  10. Tanyakan pada anak setiap hari tentang apa saja yang dilalui disekolah, termasuk tugas yang diberikan dan beri afirmasi positif tentang aktivitas di sekolah. 
  11. Apresiasi anak terkait pencapaiannya di sekolah setiap hari, hal ini agar memicu anak untuk semangat offline school
  12. Jika langkah di atas tidak membantu anak, coba untuk konsultasikan ke ahlinya cuma di Tania Kids Center 

Itu dia penyebab anak menolak offline school dan cara mengatasinya. Biar tumbuh kembang anak lebih maksimal, jangan lupa untuk konsultasi ke ahlinya yaa. Tania Kids Center memberikan pelayanan yang maksimal untuk segala edukasi dan solusi dari masalah pertumbuhan dan perkembangan anak. Jangan lupa cek artikel kita yang lain ya di taniakidscenter.com 

Baca juga: 

Ingin bertanya lebih lanjut tentang artikel ini ?

Silahkan konsultasikan pertanyaan anda pada kami

Artikel Terbaru

Kenapa Anak Suka Melepeh Makanan? 

Kenapa Anak Suka Melepeh Makanan? 

Anak suka melepeh makanan adalah hal yang wajar saat si kecil sedang belajar makan. Akan…
Penyebab Anak Takut Suara Keras

Penyebab Anak Takut Suara Keras

Anak Takut suara Keras ー Setiap orang tentu memiliki rasa takut. Mulai dari anak-anak, bahkan…
Mengapa Anak Cadel?

Mengapa Anak Cadel?

Mengapa Anak Cadel? Ada beberapa alasan yang menyebabkan anak cadel, atau tidak dapat mengucapkan huruf-huruf…
Hubungi Kami

Whatsapp / phone : 0811-181-1183
Email : taniakidsc@gmail.com
Alamat : Jl. Tanjung Duren Barat 1 No. 18
Jakarta Barat 11470 

Copyright © 2022. Tania Kid’s Center | Klinik Tumbuh Kembang Anak | Web Designed by Memarak