Tips Memandikan Anak Anti Drama

Tips memandikan anak tanpa drama

Tips Memandikan Anak Anti Drama – Siapa ini yang kalau mandi in si kecil pasti penuh drama berepisode kayak drama Korea? Meski tidak semua orang tua mengalaminya, bagi orang tua yang mengalaminya, anak yang rewel saat mandi kadang bisa menguras kesabaran Papa mama. Biar makin mudah, simak yuk apa saja  tips memandikan anak anti drama. Baca sampai bawah yaa. 

Gunakan Sabun dan Sampo Khusus untuk Anak 

Mungkin selama ini papa mama masih menggunakan sabun dan sampo biasa untuk memandikan anak. Sabun dan sampo biasa tidak ramah untuk anak karena mengandung hidrokarbon yang menyebabkan perih di mata. Hidrokarbon bisa jadi salah satu penyebab anak enggan untuk pergi mandi setiap hari.  

Papa mama bisa menggunakan sabun untuk anak yang terhindar dari bahan penyebab perih di mata anak. Variasi produk telah beredar di toko-toko terdekat. Papa mama juga bisa mengajak anak untuk memilih produk mandi kesukaan anak agar lebih bersemangat sangat mandi.  

Mama ikut mandi bersama anak 

Cara ini bisa jadi andalan mama saat anak enggan atau rewel saat mandi. Anak akan lebih merasa tenang dan rileks saat mama ikutan mandi dalam satu tempat. Mandi bersama anak bisa meningkatkan kedekatan dan jalinan bahagia dengan anak.  

Namun perlu diwaspadai, batas mandi dengan anak paling relevan adalah hingga usia 5 tahun. Mama wajib menghentikan kebiasaan tersebut saat usianya melebihi batas relevan. Pada usia lebih dari 5 tahun, organ reproduksi anak akan mulai berkembang. Alangkah baiknya untuk mengajari anak mandi sendiri.  

Berikan Mainan Air di Kamar Mandi

Mainan air di kamar mandi jadi jurus jitu agar anak tidak rewel dan anti drama saat mandi. Mainan di kamar mandi bisa membuat anak semangat. Anak bisa bermain dengan mainannya saat mandi, tentu saja hal yang jarang dilakukan karena mainan tersebut hanya bisa dimainkan di air yang salah satunya aktivitasnya adalah dengan mandi. 

Berikan mainan yang aman dan tidak luntur saat terendam air. Pastikan juga mainan tersebut tidak mudah dimasukkan ke dalam mulut anak. Agar terhindari dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Mandi Menggunakan Air Hangat 

Mandi dengan menggunakan air hangat lebih disenangi anak. Menggunakan suhu terlalu rendah justru akan membuat anak mudah kedinginan. Hal tersebut bisa jadi salah satu alasan anak, enggan untuk mandi. Maka dari itu, coba siapkan air hangat secukupnya saat akan mandi. 

Selain itu, pastikan air hangat tersebut tidak terlalu panas untuk anak. Papa mama perlu memastikan suhu yang tepat agar tidak terjadi iritasi pada kulit anak. 

Membiasakan jadwal Mandi yang Selalu Sama 

Tahukah papa mama? Mandi merupakan kebiasaan yang harus diajarkan sejak dini. Hal tersebut bertujuan agar anak menjadikan mandi sebagai hal yang wajib dilakukan. Apabila cara sebelumnya tidak membantu anak dalam mengatasi drama mandi, papa mama hanya perlu membiasakannya. Cara untuk membiasakan anak adalah dengan menjadwal rutin mandi yang sama setiap harinya. 

Misal jadwal mandi pagi setiap pukul sembilan dan mandi sore setiap pukul enam belas. Dengan rutinitas yang terjadwal akan memudahkan anak untuk beradaptasi dan menjadikan sebuah kebiasaan yang baik. Untuk itu lakukan jadwal di jam yang sama untuk mandi sehari-hari.  

Itu dia tips memandikan anak anti drama. Biar tumbuh kembang anak lebih maksimal, jangan lupa untuk konsultasi ke ahlinya yaa. Tania Kids Center memberikan pelayanan yang maksimal untuk segala edukasi dan solusi dari masalah pertumbuhan dan perkembangan anak. Jangan lupa cek artikel kita yang lain ya di taniakidscenter.com 

Baca juga : 

Ingin bertanya lebih lanjut tentang artikel ini ?

Silahkan konsultasikan pertanyaan anda pada kami

Artikel Terbaru

Kenapa Anak Suka Melepeh Makanan? 

Kenapa Anak Suka Melepeh Makanan? 

Anak suka melepeh makanan adalah hal yang wajar saat si kecil sedang belajar makan. Akan…
Penyebab Anak Takut Suara Keras

Penyebab Anak Takut Suara Keras

Anak Takut suara Keras ー Setiap orang tentu memiliki rasa takut. Mulai dari anak-anak, bahkan…
Mengapa Anak Cadel?

Mengapa Anak Cadel?

Mengapa Anak Cadel? Ada beberapa alasan yang menyebabkan anak cadel, atau tidak dapat mengucapkan huruf-huruf…
Hubungi Kami

Whatsapp / phone : 0811-181-1183
Email : taniakidsc@gmail.com
Alamat : Jl. Tanjung Duren Barat 1 No. 18
Jakarta Barat 11470 

Copyright © 2022. Tania Kid’s Center | Klinik Tumbuh Kembang Anak | Web Designed by Memarak