Sudah Tahu Apa Itu Terapi Wicara dan Prosedur Pelaksanaannya?

apa itu terapi wicara

Apa Itu Terapi WIcara? — Anak kecil memang cenderung cerewet dan banyak bicara. Mereka tak akan pernah kehabisan topik untuk bertanya. Mulai dari pertanyaan sederhana hingga pertanyaan-pertanyaan rumit yang Papa Mama bahkan kesulitan untuk menjawab. 

Meski Papa Mama kerap kewalahan menghadapi serangan pertanyaan si kecil, tapi hal tersebut tentu jauh lebih membahagiakan daripada melihat anak mengalami terlambat berbicara. Meskipun masalah terlambat bicara pada anak dapat diatasi dengan terapi wicara. Tapi Papa Mama tidak mau, bukan jika anak sampai mengalami masalah tersebut? 

Walaupun dikenal sebagai cara yang cukup efektif untuk mengatasi keterlambatan bicara. Namun, sudahkah Papa Mama tahu apa sih sebenarnya terapi wicara itu? 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut telah Tania Kids Center rangkum penjelasannya. 

Table of Contents: 

Apa Itu Terapi Wicara? 

Tujuan Terapi Wicara 

Prosedur Terapi Wicara 

Apa Itu Terapi Wicara?

apa itu terapi wicara
source: freepik.com

Terapi wicara adalah metode terapi yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa. Ini meliputi kemampuan berbicara, memahami, serta mengekspresikan bahasa. Baik bahasa verbal maupun nonverbal. 

Terapi wicara dilakukan dengan mengoptimalkan koordinasi mulut agar menghasilkan suara yang keluar dalam bentuk kata. Dengan begitu, pasien terapi wicara dapat mengartikulasikan kalimat dengan jelas dan lancar. 

Tak hanya itu, terapi wicara juga dilakukan dengan mengembangkan kemampuan berbahasa pasien. Sehingga pasien memiliki kemampuan untuk mengekspresikan dan memahami bahasa. 

Tujuan Terapi Wicara 

Seperti pengertiannya, tujuan terapi wicara adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan ekspresi bahasa pasien. Meski orang dewasa juga banyak yang melakukan terapi wicara karena masalah tertentu, pasien terapi wicara umumnya adalah anak-anak dengan gangguan speech delay. 

Namun, terapi wicara tidak hanya dilakukan untuk mengatasi masalah keterlambatan bicara. Kasus-kasus lain seperti kesulitan menelan ternyata, juga dapat diatasi dengan terapi wicara.  

Apa Saja yang Dilakukan Saat Terapi Wicara? 

Prosedur terapi wicara menyesuaikan pasien, artinya setiap satu pasien dan yang lain mendapatkan terapi yang berbeda. Usia dan kondisi pasien adalah yang mempengaruhi perbedaan prosedur terapi wicara. 

Terapi wicara pada anak biasanya dilakukan secara individual atau berkelompok. Hal ini ditentukan berdasarkan kelainan bicara apa yang dialami oleh anak. Begitu pula dengan jenis terapinya. Anak akan mendapatkan terapi berdasarkan usia, kondisi, serta kebutuhan mereka. 

Sementara pada dewasa, bentuk terapi wicara yang dilakukan biasanya berupa pemecahan masalah, kemampuan organisasi, dan aktivitas lainnya yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan komunikasi pasien. 

Adapun hal-hal yang dilakukan selama terapi wicara pada anak-anak secara garis besar adalah sebagai berikut: 

-Interaksi dengan anak untuk melakukan terapi bahasa. Bentuk interaksi berupa mengobrol, bermain, dan melakukan aktivitas yang mampu merangsang perkembangan bahasa anak. 

-Mencontohkan pelafalan suara, huruf, suku kata secara jelas dan benar melalui permainan peran untuk terapi artikulasi. 

-Terapi makan dengan memberikan makanan dengan tekstur berbeda untuk membantu melatih kekuatan otot mulut. 

-Olahraga lidah, rahang, bibir, dan pijat wajah. 

Papa Mama, demikian pembahasan mengenai apa itu terapi wicara dan bagaimana prosedur pelaksanaannya. Sebelum memutuskan untuk melakukan terapi wicara, ada baiknya bagi Papa Mama untuk mengetahui apa sebenarnya terapi wicara itu. 

Nah, kini, setelah membaca uraian di atas Papa Mama tak perlu lagi ragu untuk melakukan terapi wicara pada anak apabila diperlukan. Untuk mengetahui kondisi apakah anak perlu melakukan terapi wicara, segera lakukan pemeriksaan ke ahli. 

Jika Papa Mama merasa artikel ini menarik, baca juga artikel lain dari Tania Kids Center tentang tumbuh kembang anak di sini.

Ingin bertanya lebih lanjut tentang artikel ini ?

Silahkan konsultasikan pertanyaan anda pada kami

Artikel Terbaru

Kenapa Anak Suka Melepeh Makanan? 

Kenapa Anak Suka Melepeh Makanan? 

Anak suka melepeh makanan adalah hal yang wajar saat si kecil sedang belajar makan. Akan…
Penyebab Anak Takut Suara Keras

Penyebab Anak Takut Suara Keras

Anak Takut suara Keras ー Setiap orang tentu memiliki rasa takut. Mulai dari anak-anak, bahkan…
Mengapa Anak Cadel?

Mengapa Anak Cadel?

Mengapa Anak Cadel? Ada beberapa alasan yang menyebabkan anak cadel, atau tidak dapat mengucapkan huruf-huruf…
Hubungi Kami

Whatsapp / phone : 0811-181-1183
Email : taniakidsc@gmail.com
Alamat : Jl. Tanjung Duren Barat 1 No. 18
Jakarta Barat 11470 

Copyright © 2022. Tania Kid’s Center | Klinik Tumbuh Kembang Anak | Web Designed by Memarak