PapaMama Perlu Tahu! Ini Ciri-ciri Anak yang Memiliki IQ Tinggi

PapaMama Perlu Tahu! Ini Ciri-ciri Anak yang Memiliki IQ Tinggi – Mempunyai buah hati yang pintar dan cerdas pasti merupakan harapan bagi semua PapaMama. Salah satu tanda bahwa si buah hati pintar adalah dari IQ mereka. 

IQ atau Intelligence Quotient sendiri merupakan standar skor atau angka untuk menilai tingkat kemampuan seseorang untuk bernalar, memecahkan suatu masalah, dan berpikir. Pada anak, IQ sering digunakan menjadi tolok ukur kecerdasan dan bertujuan untuk melihat potensi akademis dan kognitif mereka. 

Untuk mengetahui apakah si buah hati memiliki IQ yang tinggi, PapaMama dapat memperhatikan ciri-ciri berikut yang terdapat pada si buah hati.

Ciri-ciri anak yang memiliki IQ tinggi:

  • Memiliki daya ingat yang tinggi. Salah satu ciri anak yang memiliki IQ tinggi yaitu mempunyai daya ingat tinggi sehinga anak mudah mempelajari sesuatu tanpa harus mengulang apa yang mereka pelajari dikarenakan anak dengan IQ tinggi dapat mengingat informasi dalam jumlah yang sangat besar.
  • Memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Anak yang cerdas dan memiliki IQ tinggi pasti memiliki rasa ingin tahu dan rasa ingin belajar yang sangat tinggi. Anak-anak yang banyak bertanya menunjukkan bahwa mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk mengembangkan pikiran dan kecerdasannya.
  • Memiliki kemampuan berbahasa atau verbal yang tinggi. Anak yang memiliki IQ yang tinggi dapat ditandai dengan kemampuan berbahasa anak dan kosakata yang dimiliki oleh anak. Anak dengan IQ tinggi juga mempunyai kemampuan berbicara yang lebih baik dibanding anak-anak lain yang seusia mereka.
  • Memiliki kemampuan bernalar dan berpikir logis. Anak yang memiliki IQ tinggi ditandakan dengan mereka yang mempunya kemampuan kognitif yang tinggi sehingga anak memiliki kemampuan bernalar yang tinggi dibanding anak lain yang seusia dengannya. Kemampuan bernalar tersebut yang kemudian membuat anak dapat memecahkan masalah secara lebih logis, sistematis, fleksibel dan unik.
  • Memiliki selera humor yang tinggi. Meskipun terdengar unik, namun anak dengan IQ tinggi bisa ditandakan dengan anak yang mempunyai selera humor yang tinggi. Anak yang sudah mampu memahami ungkapan humor yang aneh dan absurd bahwa otak anak lebih berkembang dibanding anak-anak lain yang seusianya.
  • Memiliki imajinasi yang tinggi. Anak yang memiliki ciri IQ tinggi itu biasanya memiliki imajinasi yang tinggi. PapaMama terkadang mungkin merasa aneh ketika melihat si buah hati berimajinasi. Tapi jangan salah, dengan imajinasi yang tinggi, anak-anak dapat berpikir di luar akal dan dapat menciptakan karya-karya terbaik.

Kesimpulan

PapaMama dapat memperhatikan apakah ciri-ciri tersebut terdapat pada si buah hati atau tidak. Jika anak anda tidak memiliki ciri-ciri di atas PapaMama dapat mengonsultasikan ini kepada dokter anak untuk tindakan lebih lanjut ya.

Ingin bertanya lebih lanjut tentang artikel ini ?

Silahkan konsultasikan pertanyaan anda pada kami

Artikel Terbaru

Cara Mengajarkan Anak Untuk Menjadi Lebih Empati Yang Perlu PapaMama Ketahui

Cara Mengajarkan Anak Untuk Menjadi...

Cara Mengajarkan Anak Untuk Menjadi Lebih Empati Yang Perlu PapaMama Ketahui – Rasa empati pada…
4 Cara Melatih Anak Tumbuh Menjadi Percaya Diri Yang Perlu PapaMama Ketahui

4 Cara Melatih Anak Tumbuh...

5 Cara Melatih Anak Tumbuh Menjadi Percaya Diri Yang Perlu PapaMama Ketahui – Apakah PapaMama…
Alasan Mengapa Anak Tidak Mendengarkan PapaMama!

Alasan Mengapa Anak Tidak Mendengarkan...

Alasan Mengapa Anak Tidak Mendengarkan Orang Tua! – Terkadang sebagai orang tua, tentu PapaMama ingin…
Hubungi Kami

Whatsapp / phone : 0811-181-1183
Email : taniakidsc@gmail.com
Alamat : Jl. Tanjung Duren Barat 1 No. 18
Jakarta Barat 11470 

Copyright © 2022. Tania Kid’s Center | Klinik Tumbuh Kembang Anak | Web Designed by Memarak