PapaMama Harus Tahu! Ini Dampak Buruk Gadget Pada Anak

PapaMama Harus Tahu! Ini Dampak Buruk Gadget pada Anak – Gadget merupakan suatu perangkat elektronik kecil baik itu handphone, tablet, hingga laptop. Penggunaan gadget pada anak yang tidak dibatasi oleh PapaMama dapat menyebabkan kecanduan.

Terdapat dampak buruk penggunaan gadget pada si buah hati secara fisik ataupun mental. Penggunaan gadget terlalu lama yang dilakukan anak sangat mempengaruhi kesehatan fisik, mental, dan emosional anak. PapaMama harus mewaspadai dampak buruk dari penggunaan gadget sebagai berikut.

Gangguan Perkembangan Otak

Penggunaan gadget pada anak yang tidak dibatasi oleh PapaMama dapat menyebabkan anak mengalami gangguan perkembangan otak. Perkembangan anak usia dini sangat dipengaruhi dari lingkungan sekitarnya. Stimulasi yang berlebihan dari penggunaan gadget oleh anak dapat menyebabkan keterlambatan kognitif,  gangguan fokus, gangguan dalam proses belajar, bahkan bisa menyebabkan kemampuan anak untuk mandiri. 

Penggunaan gadget pada anak yang tidak dibatasi juga dapat mempengaruhi kemampuan literasi dan prestasi akademik anak secara negatif. PapaMama tentu tidak ingin terjadi pada si buah hati, kan?

Gangguan Perilaku

Dampak buruk lain anak yang terlalu sering bermain gadget yaitu anak bisa mengalami gangguan perilaku. Sebuah studi di jepang menunjukkan bahwa penggunaan gadget yang sering dan rutin pada anak memiliki kaitan dengan masalah-masalah perilaku pada masa kecil. 

Salah satunya anak dapat menjadi ketergantungan terhadap gadget yang dapat membuat anak terpengaruh dan meniru apa yang mereka lihat dari konten di gadget tersebut. Selain itu anak juga lebih mudah tantrum khususnya jika sudah cukup bergantung dengan gadget. Contoh lain juga anak-anak yang bermain gadget tanpa pengawasan PapaMama rentan terhadap konten pornografi yang juga berpotensi menyebabkan perilaku pada anak.

Gangguan Mental

Riset di Bristol University pada tahun 2010 lalu mengungkapkan bahwa penggunaan gadget yang berlebihan pada anak dapat meningkatkan resiko depresi, gangguan kecemasan, kurang perhatian, psikosis, dan perilaku bermasalah lainnya.

Dampak buruk penggunaan gadget bagi anak ini bisa disebabkan oleh interaksi anak dengan sekitar, biasanya anak mengalami kesulitan untuk bersosialisasi di dunia nyata. Bahkan anak juga bisa stress bahkan sampai depresi ketika ia mengalami cyberbullying

Gangguan Fisik

Anak yang keseringan bermain gadget berdampak buruk pada fisik anak. Terdapat sebuah studi yang menyebutkan bahwa anak-anak yang cenderung menghabiskan waktu lima jam atau lebih di depan layar gadget setiap harinya, memiliki potensi yang lebih besar untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula dan jarang melakukan aktivitas fisik yang dapat mengakibatkan anak obesitas. 

Selain itu, anak yang sering menghabiskan waktu di depan layar gadget dapat mengakibatkan gangguan penglihatan. Ini dikarenakan mata dapat menjadi tegang karena menatap layar gadget nonstop dan membuat penglihatan buram atau berbayang. 

PapaMama mungkin pernah memberikan gadget pada anak karena merasa itu jalan paling mudah untuk membuat anak diam. Namun, PapaMama harus menyadari juga bahwa banyak sekali dampak buruk yang bisa terjadi dari penggunaan gadget pada anak. 

Untuk mencegah dampak buruk akibat penggunaan gadget pada anak, PapaMama jangan ragu dalam membatasi penggunaan gadget pada anak misal 2 jam setiap harinya. PapaMama juga harus selalu mengawasi apa saja yang dilakukan anak pada gadgetnya untuk menyaring konten yang dikonsumsi oleh anak. PapaMama bisa mengaktifkan fitur parental control yang sudah banya terdapat di setiap gadget untuk memantau penggunaan gadget pada anak. 

Apabila anak sudah terlanjut kecanduan pada gadget, PapaMama dapat mengonsultasikan hal tersebut ke Tania Kids’ Center, ya. 

Ingin bertanya lebih lanjut tentang artikel ini ?

Silahkan konsultasikan pertanyaan anda pada kami

Artikel Terbaru

Cara Mengajarkan Anak Untuk Menjadi Lebih Empati Yang Perlu PapaMama Ketahui

Cara Mengajarkan Anak Untuk Menjadi...

Cara Mengajarkan Anak Untuk Menjadi Lebih Empati Yang Perlu PapaMama Ketahui – Rasa empati pada…
4 Cara Melatih Anak Tumbuh Menjadi Percaya Diri Yang Perlu PapaMama Ketahui

4 Cara Melatih Anak Tumbuh...

5 Cara Melatih Anak Tumbuh Menjadi Percaya Diri Yang Perlu PapaMama Ketahui – Apakah PapaMama…
Alasan Mengapa Anak Tidak Mendengarkan PapaMama!

Alasan Mengapa Anak Tidak Mendengarkan...

Alasan Mengapa Anak Tidak Mendengarkan Orang Tua! – Terkadang sebagai orang tua, tentu PapaMama ingin…
Hubungi Kami

Whatsapp / phone : 0811-181-1183
Email : taniakidsc@gmail.com
Alamat : Jl. Tanjung Duren Barat 1 No. 18
Jakarta Barat 11470 

Copyright © 2022. Tania Kid’s Center | Klinik Tumbuh Kembang Anak | Web Designed by Memarak