Mengapa Anak Menolak Bermain Sensori? Berikut Penyebabnya!

mengapa anak menolak bermain sensori

Mengapa Anak menolak Bermain Sensori? Permainan sensori adalah aktivitas yang penting untuk perkembangan anak, terutama pada tahap-tahap awal kehidupannya. Bermain sensori membantu anak mengembangkan kemampuan sensori-motorik mereka, yaitu kemampuan untuk menggunakan indera dan otot mereka dalam menjelajahi lingkungan sekitarnya. Namun, tidak semua anak senang atau terbuka untuk bermain sensori.

Beberapa di antara Papa Mama mungkin mendapati si kecil kerap menolak ketika bermain sensori. Kira-kira mengapa anak menolak bermain sensori? 

Ada beberapa penyebab yang mungkin membuat anak menolak untuk bermain sensori. Berikut adalah beberapa penyebab yang perlu diperhatikan oleh Papa Mama.

Mengapa Anak Menolak Bermain Sensori? 

Pengalaman yang Tidak Menyenangkan 

Anak yang pernah mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan saat bermain sensori, seperti alergi atau rasa tidak nyaman pada tangan atau kulit mereka atau pernah dipaksa melakukan hal yang tidak mereka inginkan, mungkin menolak untuk bermain sensori lagi. Penting bagi Papa Mama untuk menghindari bahan-bahan yang dapat menyebabkan alergi dan memastikan bahwa permainan sensori aman dan nyaman bagi anak. 

mengapa anak menolak bermain sensori
source: freepik.com

Sensitivitas Sensori yang Berlebihan 

Beberapa anak memiliki sensitivitas sensori yang berlebihan, yang membuat mereka mudah terganggu oleh rangsangan sensori tertentu. Misalnya, anak mungkin tidak nyaman dengan sentuhan atau aroma tertentu. Sensitivitas sensori ini dapat membuat anak menolak untuk bermain sensori. Jika si kecil memiliki sensitivitas sensori yang berlebihan, Papa Mama harus mencari permainan sensori yang lebih lembut dan tenang, seperti permainan sensori dengan bahan pasir halus. 

Gangguan Perkembangan 

Anak-anak dengan gangguan perkembangan seperti autisme atau ADHD mungkin juga menolak untuk bermain sensori. Hal ini mungkin disebabkan oleh kecenderungan anak dengan gangguan perkembangan untuk memiliki preferensi tertentu pada permainan atau bahan tertentu, atau karena mereka merasa sulit untuk memproses informasi sensori yang diberikan oleh lingkungan sekitar. Untuk anak-anak dengan gangguan perkembangan, perlu diperhatikan permainan sensori yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan dapat membantu perkembangan sensori-motorik mereka. 

Kurangnya Pengalaman Sensori 

Anak-anak yang belum terbiasa dengan permainan sensori mungkin merasa tidak nyaman dan menolak untuk mencoba. Sebaiknya, Papa Mama memberikan pengalaman sensori yang berbeda-beda secara bertahap dan memperkenalkan bahan-bahan baru secara bertahap. 

Kondisi Kesehatan 

Beberapa kondisi kesehatan seperti infeksi telinga atau sakit kepala dapat membuat anak merasa tidak nyaman dan menolak untuk bermain sensori. Jika anak sedang dalam kondisi sakit atau tidak sehat, sebaiknya hindari permainan sensori dan berikan waktu istirahat yang cukup. 

Dalam membantu anak menikmati permainan sensori, Papa Mama dapat memperhatikan preferensi anak dan mencari permainan sensori yang sesuai dengan minat mereka. Anak-anak yang terbiasa dengan permainan sensori dapat mengembangkan kemampuan sensori-motorik mereka dengan lebih baik dan memiliki pengalaman berkreatifitas.

Demikian alasan mengenai penyebab mengapa anak menolak bermain sensori. Apabila Papa Mama tertarik dan ingin membaca artikel lain dari Tania Kids Center, klik di sini.

Ingin bertanya lebih lanjut tentang artikel ini ?

Silahkan konsultasikan pertanyaan anda pada kami

Artikel Terbaru

Cara Mengatasi Anak Yang Kurang Fokus Dalam Belajar, Yang Perlu PapaMama Ketahui!

Cara Mengatasi Anak Yang Kurang...

Cara Mengatasi Anak Yang Kurang Fokus Dalam Belajar, Yang Perlu PapaMama Ketahui! – Ketika anak…
Manfaat Olahraga Renang Bagi Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Olahraga Renang Bagi Tumbuh...

Manfaat Olahraga Renang Bagi Tumbuh Kembang Anak – PapaMama harus tahu, bahwa berenang memiliki banyak…
Kebiasaan Orang Tua Yang Ternyata Tidak Baik Untuk Anak Yang Perlu Diketahui

Kebiasaan Orang Tua Yang Ternyata...

Kebiasaan Orang Tua Yang Ternyata Tidak Baik Untuk Anak Yang Perlu Diketahui – Orang tua…
Hubungi Kami

Whatsapp / phone : 0811-181-1183
Email : taniakidsc@gmail.com
Alamat : Jl. Tanjung Duren Barat 1 No. 18
Jakarta Barat 11470 

Copyright © 2022. Tania Kid’s Center | Klinik Tumbuh Kembang Anak | Web Designed by Memarak