Mengapa Anak Cadel?

Mengapa Anak Cadel

Mengapa Anak Cadel? Ada beberapa alasan yang menyebabkan anak cadel, atau tidak dapat mengucapkan huruf-huruf tertentu dengan jelas. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Salah satu masalah yang dapat mengganggu perkembangan bicara dan bahasa anak adalah cadel. Cadel adalah kondisi di mana seseorang mengalami gangguan pengucapan huruf. Huruf-huruf tersebut biasanya adalah r, t, dan s. Seseorang yang cadel akan mengucapkan r menjadi l, d menjadi t, atau s menjadi ts. 

Gangguan ini biasanya dapat dilihat ketika anak sudah lancar berbicara tapi masih salah dalam mengucapkan huruf-huruf tersebut. Sebenarnya, apa penyebab anak menjadi cadel? 

Penyebab Mengapa Anak Cadel 

mengapa anak cadel
source: freepik.com

Ukuran Lidah yang Besar 

Ukuran lidah yang besar dapat menyebabkan anak kesulitan dalam mengucapkan huruf. Akibatnya, anak menjadi cadel. Ini biasanya terjadi pada anak-anak dengan gangguan khusus seperti hipotiroid dan down syndrome. 

Tongue Tie 

Ini adalah kondisi di mana lidah memiliki frenulum linguae atau jaringan seperti kait di bagian bawah. Jaringan ini membuat lidah tak leluasa bergerak karena lidah tertarik ke dalam. Cadel akan terjadi karena adanya miskoordinasi lidah. 

Pada kasus seperti ini, cadel dapat disembuhkan dengan melakukan operasi pemotongan jaringan frenulum linguae. Dengan tujuan agar lidah dapat leluasa bergerak, sehingga anak juga mampu menghasilkan bunyi-bunyian dan mengucapkan huruf dengan jelas. 

Gangguan Koordinasi Mulut 

Kemampuan menghasilkan bunyi bergantung pada koordinasi lidah dan mulut. Apabila lidah dapat melakukan koordinasi dengan mulut secara baik dan benar, anak dapat mengucapkan kata-kata. 

Begitu pun sebaliknya. Anak cadel disebabkan oleh adanya gangguan koordinasi gerak mulut dan lidah. Koordinasi ini dipengaruhi oleh pusat saraf motorik bicara pada otak. Jika saraf motorik bicara pada otak terganggu, koordinasi gerak mulut dan lidah pun ikut terganggu. Akibatnya, anak mengalami masalah cadel. 

Ada beragam latihan sebagai bentuk terapi yang dapat dilakukan untuk melatih koordinasi gerak mulut dan lidah. Papa Mama, jika anak mengalami masalah cadel akibat gangguan koordinasi mulut, hubungi tenaga ahli untuk melakukan terapi wicara. 

Kelainan Posisi Rahang dan Mulut 

Cadel juga dapat terjadi akibat kelainan posisi rahang dan mulut. Misalnya posisi rahang atas dan bawah yang tidak pas, atau langit-langit yang terlalu tinggi untuk dijangkau lidah. 

Ada jenis suara dan huruf yang dihasilkan dengan menggunakan rahang, mulut, atau langit-langit. Kelainan posisi pada anggota tubuh tersebut dapat menyebabkan anak kesulitan dan tidak mampu menghasilkan bunyi atau huruf tertentu. 

Kelainan posisi ini dapat diperbaiki dengan cara melakukan konsultasi bersama dokter gigi untuk menentukan perawatan apa untuk memperbaiki kondisi rahang dan langit-langit anak. 

Kebiasaan Menggunakan Dot atau Empeng 

Ternyata terlalu sering menggunakan dot atau empeng dapat menyebabkan anak cadel, loh. Begitu juga dengan kebiasaan menghisap jari. Papa Mama harus hati-hati jika si kecil kerap melakukannya. 

Ketika anak menghisap dot, empeng, atau jari, lidahnya akan terus mendorong ke depan di antara gigi dan keluar. Jika keseringan dan frekuensi penggunaannya tidak wajar, anak akan mengalami cadel huruf s atau z. 

Demikian pembahasan mengenai penyebab anak mengalami cadel. Semoga dapat menambah wawasan Papa Mama. Simak juga pembahasan lain mengenai tumbuh kembang anak di Tania Kids Center.

Ingin bertanya lebih lanjut tentang artikel ini ?

Silahkan konsultasikan pertanyaan anda pada kami

Artikel Terbaru

Kenapa Anak Suka Melepeh Makanan? 

Kenapa Anak Suka Melepeh Makanan? 

Anak suka melepeh makanan adalah hal yang wajar saat si kecil sedang belajar makan. Akan…
Penyebab Anak Takut Suara Keras

Penyebab Anak Takut Suara Keras

Anak Takut suara Keras ー Setiap orang tentu memiliki rasa takut. Mulai dari anak-anak, bahkan…
Mengapa Anak Cadel?

Mengapa Anak Cadel?

Mengapa Anak Cadel? Ada beberapa alasan yang menyebabkan anak cadel, atau tidak dapat mengucapkan huruf-huruf…
Hubungi Kami

Whatsapp / phone : 0811-181-1183
Email : taniakidsc@gmail.com
Alamat : Jl. Tanjung Duren Barat 1 No. 18
Jakarta Barat 11470 

Copyright © 2022. Tania Kid’s Center | Klinik Tumbuh Kembang Anak | Web Designed by Memarak