Manfaat Olahraga Renang Bagi Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Olahraga Renang Bagi Tumbuh Kembang AnakPapaMama harus tahu, bahwa berenang memiliki banyak sekali manfaat. Tidak hanya untuk menambah tinggi badan anak, akan tetapi masih banyak manfaat lain dari berenang. Menurut penelitian di Amerika Serikat, anak bisa belajar berenang mulai dari usia 1-4 tahun. Namun, orang tua harus tetap siaga menjaga anak dari resiko tenggelam. 

Di rentang usia ini, kebanyakan anak sudah mulai bisa mempertahankan posisi kepalanya tetap tegak ketika berada di dalam air. Anak di bawah usia 1 tahun sangat tidak disarankan untuk mulai berenang karena mereka belum memperlihatkan gerakan refleks menahan nafas dan membuka mata saat terendam air. Lalu, apa saja manfaat olahraga berenang bagi tumbuh kembang anak? Yaitu sebagai berikut:

  • Peningkatan Kesehatan Jantung dan Paru-paru: Olahraga renang ini melibatkan gerakan tubuh yang konstan dan berirama, yang membantu meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru anak. Hal ini sangat bermanfaat bagi anak yang masih di usia tumbuh kembang. 
  • Peningkatan Kekuatan Otot: Gerakan tubuh yang dilakukan saat berenang melibatkan hampir semua otot tubuh. Hal ini sangat membantu meningkatkan kekuatan otot secara keseluruhan pada anak. 
  • Membantu Meningkatkan Postur Tubuh: Olahraga berenang dengan teknik yang tepat juga dapat membantu anak mengembangkan postur tubuh yang baik. Olahraga juga dapat membantu anak untuk tumbuh tinggi dan tegap. 
  • Peningkatan Kesehatan Mental: Selain bermanfaat untuk fisik anak, olahraga renang juga sangat bagus untuk kesehatan mental anak. Aktivitas fisik seperti berenang dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi pada anak, serta meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan mental anak. 
  • Pengelolaan Berat Badan: Renang adalah olahraga yang efektif dalam membakar kalori dan meningkatkan metabolisme, membantu anak menjaga berat badan yang sehat. Sehingga anak tidak tumbuh menjadi obesitas. 
  • Pembentukan Keterampilan Keamanan di Air: Berenang merupakan salah sat keterampilan dasar yang sangat penting untuk dikuasai. Belajar berenang memberikan anak keterampilan penting untuk berada di sekitar air dengan aman, yang dapat menjadi keterampilan hidup yang sangat berharga. 

Itulah beberapa manfaat olahraga renang bagi tumbuh kembang anak yang perlu PapaMama ketahui. Selain bermanfaat bagi fisik anak, olahraga renang juga bermanfaat bagi kesehatan mental anak. Oleh karena itu, ayo ajak anak PapaMama untuk belajar renang. PapaMama dapat mengonsultasikan terlebih dahulu di Tania Kids’ Center, ya!

Ingin bertanya lebih lanjut tentang artikel ini ?

Silahkan konsultasikan pertanyaan anda pada kami

Artikel Terbaru

Cara Mengatasi Anak Yang Kurang Fokus Dalam Belajar, Yang Perlu PapaMama Ketahui!

Cara Mengatasi Anak Yang Kurang...

Cara Mengatasi Anak Yang Kurang Fokus Dalam Belajar, Yang Perlu PapaMama Ketahui! – Ketika anak…
Manfaat Olahraga Renang Bagi Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Olahraga Renang Bagi Tumbuh...

Manfaat Olahraga Renang Bagi Tumbuh Kembang Anak – PapaMama harus tahu, bahwa berenang memiliki banyak…
Kebiasaan Orang Tua Yang Ternyata Tidak Baik Untuk Anak Yang Perlu Diketahui

Kebiasaan Orang Tua Yang Ternyata...

Kebiasaan Orang Tua Yang Ternyata Tidak Baik Untuk Anak Yang Perlu Diketahui – Orang tua…
Hubungi Kami

Whatsapp / phone : 0811-181-1183
Email : taniakidsc@gmail.com
Alamat : Jl. Tanjung Duren Barat 1 No. 18
Jakarta Barat 11470 

Copyright © 2022. Tania Kid’s Center | Klinik Tumbuh Kembang Anak | Web Designed by Memarak