Lakukan Aktivitas Berikut untuk Melatih Keseimbangan Anak 

melatih keseimbangan anak

Melatih Keseimbangan pada anak merupakan hal yang penting untuk dilakukan karena memiliki beragam manfaat. Beberapa manfaat dari latihan keseimbangan bagi anak adalah mengasah kemampuan otot dan proses sensori si kecil, memperlancar motorik, melatih konsentrasi, dan menguatkan core. 

Adapun bentuk aktivitas untuk melatih keseimbangan bagi anak, dapat Papa Mama simak penjelasannya di bawah ini. 

Table of Contents: 

Berjalan Di Garis

Berdiri dengan satu kaki

Berjinjit

Bermain Jingkat

Yoga 

5 Aktivitas untuk Melatih Keseimbangan Anak 

Berjalan Di Garis

Papa Mama dapat melakukan aktivitas latihan keseimbangan pada anak dengan berjalan di atas garis. Tempelkan selotip atau kertas warna-warni pada lantai, membentuk garis lurus, atau objek bangun datar seperti persegi panjang, trapesium, dan lain-lain. Kemudian, biarkan si kecil berjalan hanya di atas garis yang telah dibuat tersebut. 

Papa Mama juga dapat membuat variasi berupa garis putus-putus, agar anak tak hanya belajar berjalan di atasnya, tapi juga melompat dari satu titik ke titik lainnya. 

Berdiri Dengan Satu Kaki 

Yang satu ini merupakan latihan keseimbangan paling sederhana. Namun, meskipun tampak sederhana, tidak semua anak dapat melakukannya, loh. Papa Mama dapat mencoba mengajarkan si kecil untuk berdiri pada satu kaki. Apabila si kecil kesusahan melakukannya, biarkan ia berpegangan pada dinding. Kemudian, secara bertahap dan perlahan minta mereka melepaskan pegangannya. 

Alternatif lain untuk latihan berdiri di atas satu kaki adalah dengan menggunakan media berupa bangku atau meja kecil. Anak dapat berdiri di atas satu kaki, sementara kaki yang lain diletakkan di bangku atau meja. 

Berjinjit 

Kegiatan lain yang cukup seru dan mudah dilakukan untuk latihan keseimbangan adalah berjalan jinjit. Tuntun anak untuk berjalan jinjit di sebuah balok yang ukurannya selebar kaki. 

Berjinjit dapat membantu menguatkan otot kaki tibialis anterior. Otot ini berperan penting untuk membantu anak beraktivitas, seperti berjalan, melompat, dan berlari. 

Baca juga: Manfaat Berjalan Jinjit Bagi Anak 

Bermain Jingkat 

Melatih keseimbangan pada anak juga dapat dilakukan lewat permainan. Contoh permainan yang bermanfaat untuk melatih keseimbangan adalah jingkat. Jingkat merupakan permainan tradisional. Papa Mama tentu sudah sangat familier dengan permainan yang satu ini, meskipun di setiap daerah di Indonesia, jingkat  memiliki sebutan yang berbeda. 

Cara memainkannya pun cukup variatif, umumnya pemain akan diminta melompat dengan satu kaki di antara kotak-kota yang telah diberi nomor. 

Yoga 

cara melatih keseimbangan anak
source: freepik.com

Adakah di antara Papa Mama yang gemar melakukan olahraga yoga? Jika, ya, Papa Mama tentu sepakat bahwa yoga bermanfaat bagi kelenturan dan keseimbangan tubuh. 

Ternyata yoga bukan hanya dapat dilakukan oleh orang dewasa, tapi juga anak-anak. Boleh, loh, si kecil diajak berlatih yoga untuk melatih keseimbangan mereka. Papa Mama boleh mengajak buah hati untuk mempraktikkan beberapa pose yoga sederhana. Misalnya saja pose pohon, kucing, sapi, pesawat, dan pose lainnya. 

Itulah beberapa aktivitas sederhana yang dapat melatih keseimbangan si kecil. 

Baca juga artikel lain dari Tania Kids Center.

Ingin bertanya lebih lanjut tentang artikel ini ?

Silahkan konsultasikan pertanyaan anda pada kami

Artikel Terbaru

Kenapa Anak Suka Melepeh Makanan? 

Kenapa Anak Suka Melepeh Makanan? 

Anak suka melepeh makanan adalah hal yang wajar saat si kecil sedang belajar makan. Akan…
Penyebab Anak Takut Suara Keras

Penyebab Anak Takut Suara Keras

Anak Takut suara Keras ー Setiap orang tentu memiliki rasa takut. Mulai dari anak-anak, bahkan…
Mengapa Anak Cadel?

Mengapa Anak Cadel?

Mengapa Anak Cadel? Ada beberapa alasan yang menyebabkan anak cadel, atau tidak dapat mengucapkan huruf-huruf…
Hubungi Kami

Whatsapp / phone : 0811-181-1183
Email : taniakidsc@gmail.com
Alamat : Jl. Tanjung Duren Barat 1 No. 18
Jakarta Barat 11470 

Copyright © 2022. Tania Kid’s Center | Klinik Tumbuh Kembang Anak | Web Designed by Memarak