Kecerdasan Anak Diturunkan Dari Ibu? Begini Faktanya

Kecerdasan Anak Diturunkan Dari Ibu? Begini Faktanya – Memiliki anak yang cerdas tentu menjadia impian dan harapan dari PapaMama. Ini dikarenakan kecerdasan anak merupakan salah satu bekal anak untuk tumbuh kembang anak yang baik. 

Lalu sering timbul pertanyaan, apakah benar kecerdasan anak diturunkan dari ibu? Sebelumnya, PapaMama harus tahu terlebih dahulu apa itu kecerdasan anak. Kecerdasan anak adalah kemampuan anak dalam belajar dan kemampuan beradaptasi terhadap perubahan lingkungan.  Unsur-unsur dari kecerdasan anak sendiri terdiri dari kemampuan anak dalam berpikir, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, dan memahami ide yang bersifat kompleks. 

Genetika merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kecerdasan anak. Akan tetapi, kecerdasan anak tidak hanya diturunkan dari ibu saja, kecerdasan anak merupakan hasil dari kombinasi genetik antara ibu dan ayah. Para spesialis anak juga menjelaskan bahwa kecerdasan atau IQ sebenarnya ditentukan oleh banyak gen, baik dari ayah maupun ibu.

Para pakar menegaskan bahwa baik orang tua laki-laki maupun perempuan, keduanya sama-sama menurunkan genetik dalam porsi seimbang kepada anaknya. Oleh karena itu, pernyataan bahwa kecerdasan anak diturunkan dari ibu tidak sepenuhnya benar. Baik orang tua laki-laki maupun perempuan, sama-sama menurunkan genetik dalam porsi seimbang kepada anaknya. 

Meskipun kecerdasan anak identik dengan faktor genetika, akan tetapi terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa hanya 40-60 persen saja kecerdasan yang diperkirakan berasal dari warisan gen. Selain faktor genetika, lingkungan dan pengalaman juga mempunyai peran yang sangat penting dalam perkembangan kecerdasan anak.  

Lingkungan rumah yang kaya akan stimulus, stimulasi kognitif, interaksi sosial yang positif, dan kesempatan untuk belajar dan bereksplorasi dapat memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan kecerdasan anak. Oleh karena itu penting bagi PapaMama untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan intelektual anak.  

Kecerdasan anak tidak hanya diturunkan melalui genetik orang tua, akan tetapi dengan siapa anak bergaul, makanan apa yang mereka makan, kualitas pendidikan anak, dan hal-hal lainnya turut serta memengaruhi kecerdasan anak. PapaMama bisa mengonsultasikan ini lebih lanjut terkait cara menumbuhkan kecerdasan pada anak yang lebih optimal di Tania Kids’ Center, ya!

Ingin bertanya lebih lanjut tentang artikel ini ?

Silahkan konsultasikan pertanyaan anda pada kami

Artikel Terbaru

Cara Mengatasi Anak Yang Kurang Fokus Dalam Belajar, Yang Perlu PapaMama Ketahui!

Cara Mengatasi Anak Yang Kurang...

Cara Mengatasi Anak Yang Kurang Fokus Dalam Belajar, Yang Perlu PapaMama Ketahui! – Ketika anak…
Manfaat Olahraga Renang Bagi Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Olahraga Renang Bagi Tumbuh...

Manfaat Olahraga Renang Bagi Tumbuh Kembang Anak – PapaMama harus tahu, bahwa berenang memiliki banyak…
Kebiasaan Orang Tua Yang Ternyata Tidak Baik Untuk Anak Yang Perlu Diketahui

Kebiasaan Orang Tua Yang Ternyata...

Kebiasaan Orang Tua Yang Ternyata Tidak Baik Untuk Anak Yang Perlu Diketahui – Orang tua…
Hubungi Kami

Whatsapp / phone : 0811-181-1183
Email : taniakidsc@gmail.com
Alamat : Jl. Tanjung Duren Barat 1 No. 18
Jakarta Barat 11470 

Copyright © 2022. Tania Kid’s Center | Klinik Tumbuh Kembang Anak | Web Designed by Memarak