Jenis-Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Tumbuh Kembang Anak

Jenis-Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Tumbuh Kembang Anak – PapaMama pasti ingin anaknya tumbuh sehat dan kuat. Selain dengan asupan gizi yang baik, cara lain agar tumbuh kembang anak baik ialah dengan dibiasakan untuk bergerak aktif sejak usia dini. 

Cara yang bisa dilakukan yaitu olahraga. Olahraga memang menjadi suatu hal yang penting yang wajib dilakukan anak-anak. Oleh karena itu, anak harus mulai olahraga sejak usia dni karena dapat membantu memaksimalkan potensi tumbuh kembang mereka. 

Berikut beberapa jenis olahraga yang baik untuk tumbuh kembang anak yang PapaMama perlu ketahui.

1. Gymnastic

PapaMama bisa melakukan olahraga ini bersama anak, selain menyenangkan olahraga satu ini juga sangat mudah dilakukan tanpa perlu alat apapun. Olahraga ini akan melatih kelincahan, kelenturan, kekuatan, keseimbangan, stamina, dan ketepatan gerak anak. 

Agar lebih seru dan membuat anak semangat, PapaMama dapat menyetel musik untuk mengiringi setiap gerak akrobatik anak. PapaMama perlu terus mengawasi si buah hati agar ia tidak pada posisi tubuh yang salah dan menimbulkan cedera.

2. Lari

Anak-anak sangat suka berlari. PapaMama dapat mengajak si buah hati untuk berlarian entah di belakang halaman rumah atau taman. Ketika anak si buah hati berlari, mereka akan mengembangkan kemampuan motorik kasarnya, mengembangkan kekuatan punggung, daya tahan tubuh, dan koordinasi tubuh. 

PapaMama juga dapat membiarkan si buah hati untuk berlari di atas rumput bertelanjang kaki. Hal ini untuk mendukung perkembangan otak si anak dan menstimulasi saraf-saraf yang terletak di telapak kaki si buah hati. Namun, PapaMama harus memastikan ya bahwa tidak ada benda-benda berbahaya di rumput tersebut.

3. Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang sangat digemari si buah hati. Berenang menjadi salah satu olahraga kardio yang menyenangkan dan bisa membuat anak tidak cepat lelah. 

Selain itu, olahraga renang juga dapat memperkuat otot, felksibilitas, serta dapat membentuk postur tubuh yang baik bagi anak. Berenang juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif si buah hati. Ini juga meningkatkan kemampuan paru-paru anak.

4. Sepak Bola

Olahraga lainnya yang dapat membantu tumbuh kembang anak yaitu sepak bola. PapaMama memiliki halaman yang luas? Ajak anak-anak untuk bermain sepak bola di halaman tersebut. 

Olahraga sepak bola membuat anak melakukan gerakan seperti berjalan, berlari, melompat, menggiring, dan menendang bola. Gerakan-gerakan tersebut dapat mengembangkan kemampuan koordinasi tubuh, kemampuan berkonsentrasi dan persistensi pada diri anak.

5. In Line Skate

In line skate atau biasa dikenal dengan sepatu roda merupakan salah satu olahraga yang baik bagi tumbuh kembang anak. Jika buah hati dari PapaMama merupakan pribadi yang lincah maka olahraga ini patut untuk dicoba. 

Olahraga sepatu roda dapat membuat anak melatih keseimbangan, core strength, hingga dapat menjaga postur tubuh anak yang baik. Selain itu juga olahraga ini membuat si buah hati ketahanan dan kekuatan otot, stamina, serta fleksibilitas tubuh yang lebih tinggi dibandingkan bermain sepeda atau lari.

6. Sepeda

Olahraga sepeda juga menjadi salah satu olahraga yang sangat baik bagi tumbuh kembang anak. Ketika anak bersepeda, anak akan dilatih untuk menjaga keseimbangan mereka dalam bersepeda. Bersepeda juga dapat membuat tubuh anak menjadi lebih aktif dan membuat kaki mereka menjadi lebih kuat. 

Penelitian juga mengungkapkan bahwa anak yang senang bersepeda cenderung lebih fokus dan lebih siap dalam menerima pelajaran. PapaMama juga bisa bersepeda dengan anak di luar rumah sambil mengajarkan kepada anak tentang dunia luar dan juga cara bersosialisasi.

Banyak sekali manfaat yang akan didapatkan oleh anak apabila PapaMama berhasil mengajak anak untuk dapat aktif berolahraga. Olahraga ini juga harus diimbangi dengan asupan gizi seimbang pada anak. Apabila PapaMama mengalami kesulitan dalam mengajak anak untuk olahraga, PapaMama dapat mengonsultasikan ini pada Tania Kids’ Center, ya!

Ingin bertanya lebih lanjut tentang artikel ini ?

Silahkan konsultasikan pertanyaan anda pada kami

Artikel Terbaru

Cara Mengajarkan Anak Untuk Menjadi Lebih Empati Yang Perlu PapaMama Ketahui

Cara Mengajarkan Anak Untuk Menjadi...

Cara Mengajarkan Anak Untuk Menjadi Lebih Empati Yang Perlu PapaMama Ketahui – Rasa empati pada…
4 Cara Melatih Anak Tumbuh Menjadi Percaya Diri Yang Perlu PapaMama Ketahui

4 Cara Melatih Anak Tumbuh...

5 Cara Melatih Anak Tumbuh Menjadi Percaya Diri Yang Perlu PapaMama Ketahui – Apakah PapaMama…
Alasan Mengapa Anak Tidak Mendengarkan PapaMama!

Alasan Mengapa Anak Tidak Mendengarkan...

Alasan Mengapa Anak Tidak Mendengarkan Orang Tua! – Terkadang sebagai orang tua, tentu PapaMama ingin…
Hubungi Kami

Whatsapp / phone : 0811-181-1183
Email : taniakidsc@gmail.com
Alamat : Jl. Tanjung Duren Barat 1 No. 18
Jakarta Barat 11470 

Copyright © 2022. Tania Kid’s Center | Klinik Tumbuh Kembang Anak | Web Designed by Memarak