Ide Permainan Sensori untuk Anak 3 Tahun

permainan sensori anak 3 tahun

Apa saja ide permainan Sensori untuk Anak 3 Tahun?

Seiring bertambahnya usia, kemampuan si kecil untuk mengkoordinasikan seluruh anggota tubuhnya pun ikut berkembang. Meskipun begitu, Papa Mama tetap berkewajiban untuk memperhatikan dan mendukung tumbuh kembang buah hati.

Sensory play merupakan Salah satu cara untuk melatih dan mendukung tumbuh kembang anak. Agar lebih jelas, berikut Tania Kids Center berikan 5 ide permainan sensori yang cocok untuk anak usia 3 tahun.

Table of contents:

Play dough

Pasir Kinestetik

Bermain Kejar Cahaya

Memasak Bersama

Scooter atau Sepeda Roda Tiga

Ide Permainan Sensori untuk Anak 3 Tahun

Play Dough

Tak hanya melatih motorik halus dan kreativitas si kecil, bermain play dough atau lilin mainan juga baik untuk menstimulasi indra peraba anak. Teksturnya yang elastis memudahkan jari-jari anak untuk membentuk lilin mainan sesuai dengan imajinasi mereka.

Play dough yang dijual di toko-toko mainan biasanya juga warna-warni. Saat bermain, Papa Mama dapat sesekali mengajarkan anak macam-macam warna dari play dough yang sedang mereka mainkan.

Pasir Kinestetik

Sama halnya dengan playdough, pasir kinetik juga menjadi salah satu ide permainan sensori yang cocok untuk anak berusia 3 tahun. Pasir kinetik dapat menjadi alternatif permainan yang membantu merangsang indra peraba anak. Anak dapat merasakan tekstur pasir kinetik sekaligus membangun bentuk-bentuk yang mereka bayangkan.

Bermain Kejar Cahaya

Bermain sensori untuk anak usia 3 tahun dapat Papa Mama lakukan dengan hanya menggunakan senter, loh. Caranya, di dalam ruangan, arahkan senter ke lantai atau dinding dan biarkan si kecil menangkapnya.

Kegiatan bermain ini tidak hanya sekadar menyenangkan, tapi juga bermanfaat untuk melatih gerakan mata serta persepsi visual anak terhadap cahaya. Selain itu, anak juga jadi aktif bergerak.

Memasak Bersama

permainan sensori anak 3 tahun
source: freepik.com

Papa Mama, cobalah untuk menyempatkan waktu untuk mengajak si kecil memasak bersama. Aktivitas memasak bersama baik untuk perkembangan si kecil, loh. Selain mempererat ikatan antara Papa Mama dan buah hati, memasak juga merupakan aktivitas yang baik untuk perkembangan sensorinya.

Ketika di dapur, anak akan banyak menyentuh bahan-bahan makanan, ini dapat merangsang indra peraba mereka. Selain itu, indra penciuman dan perasa anak juga distimulasi ketika mereka menghirup aroma masakan atau mencicipinya..

Scooter atau Sepeda Roda Tiga

Permainan yang cocok untuk anak 3 tahun dan mampu melatih perkembangan sensori serta motoriknya adalah permainan yang banyak melibatkan aktivitas fisik di luar ruangan. Papa Mama dapat mengajak si kecil bermain scooter atau sepeda roda tiga. Ketika di luar ruangan, seluruh indra si kecil akan bekerja. Mulai dari matanya menangkap bayangan objek dan cahaya. Telinganya akan mendengar berbagai suara. Kulitnya akan merasakan suhu yang berbeda. Bahkan hidungnya pun akan menghirup banyak aroma.

Mengajak anak untuk bermain sepeda atau scooter adalah pilihan aktivitas yang tepat untuk melatih indra mereka.

Demikian beberapa rekomendasi aktivitas sensori untuk anak usia 3 tahun. Baca juga artikel menarik dan informatif lain dari Tania Kids Center.

Ingin bertanya lebih lanjut tentang artikel ini ?

Silahkan konsultasikan pertanyaan anda pada kami

Artikel Terbaru

Cara Mengatasi Anak Yang Kurang Fokus Dalam Belajar, Yang Perlu PapaMama Ketahui!

Cara Mengatasi Anak Yang Kurang...

Cara Mengatasi Anak Yang Kurang Fokus Dalam Belajar, Yang Perlu PapaMama Ketahui! – Ketika anak…
Manfaat Olahraga Renang Bagi Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Olahraga Renang Bagi Tumbuh...

Manfaat Olahraga Renang Bagi Tumbuh Kembang Anak – PapaMama harus tahu, bahwa berenang memiliki banyak…
Kebiasaan Orang Tua Yang Ternyata Tidak Baik Untuk Anak Yang Perlu Diketahui

Kebiasaan Orang Tua Yang Ternyata...

Kebiasaan Orang Tua Yang Ternyata Tidak Baik Untuk Anak Yang Perlu Diketahui – Orang tua…
Hubungi Kami

Whatsapp / phone : 0811-181-1183
Email : taniakidsc@gmail.com
Alamat : Jl. Tanjung Duren Barat 1 No. 18
Jakarta Barat 11470 

Copyright © 2022. Tania Kid’s Center | Klinik Tumbuh Kembang Anak | Web Designed by Memarak