Gadget dan Dampak Screen Time Pada Kemampuan Berbicara Anak 

dampak screen time pada kemampuan berbicara anak

Dampak Screen Time Pada Kemampuan Berbicara Anak — Seperti dua sisi keping koin, setiap hal yang memiliki nilai positif, pasti selalu ada sisi negatifnya. Begitu pula sebaliknya. 

Pesatnya kemajuan teknologi memberi banyak manfaat bagi kehidupan. Penggunaan gadget misalnya, dengan adanya ponsel pintar dilengkapi rentetan fitur canggih, segala aktivitas jadi lebih mudah untuk dilakukan. Tak heran jika gadget menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang di era modern ini. 

Kaitannya dengan mengasuh anak, Papa Mama juga merasakan manfaat dari penggunaan gadget, bukan? Misalnya saja, ketika si kecil rewel karena tantrum dan susah diatasi, mereka akan cenderung lebih mudah diam dan tenang ketika perhatiannya dialihkan untuk bermain HP. Namun, sudahkah Papa Mama tahu bahwa teralu sering menatap layar atau screen time dapat membawa dampak buruk pada anak, termasuk bagi kemampuan berbicara mereka, loh? 

Kira-kira apa dampak screen time pada kemampuan berbicara anak? Simak penjelasan berikut. 

Dampak Screen time Pada Kemampuan Berbicara Anak 

source: freepik.com

Screen time adalah waktu yang anak habiskan untuk menatap layar, baik layar ponsel, tablet, komputer, maupun televisi. Jadi, perlu Papa Mama garis bawahi bahwa screen time  bukan hanya waktu saat anak bermain ponsel. Melainkan waktu yang anak habiskan untuk menonton layar dengan gambar bergerak di dalamnya. 

Screen time yang terlalu lama membawa dampak negatif pada kemampuan komunikasi anak. Hal ini dikarenakan, anak belajar berkomunikasi melalui interaksi langsung dengan orang lain. Semakin lama durasi screen time anak, semakin sedikit mereka berinteraksi dengan orang lain. Akibatnya, semakin tinggi risiko terjadi keterlambatan bicara. 

Meskipun screen time bukan satu-satunya alasan anak mengalami masalah terlambat bicara, tapi durasi screen time yang berlebihan dapat menyebabkan meningkatnya risiko anak mengalami keterlambatan bicara dan masalah komunikasi. 

1000 hari pertama dalam masa tumbuh kembang anak merupakan hari-hari krusial untuk perkembangan kemampuan bicara mereka. Di masa ini, otak anak sedang bekerja secara aktif dan maksimal untuk menerima bahasa baru yang akan anak gunakan untuk berkomunikasi. 

Jika anak minim mendapatkan kesempatan komunikasi person to person. Kemampuan bicara dan bahasanya tidak akan berkembang secara optimal. Hal inilah yang dapat menyebabkan keterlambatan bicara. 

Lantas, Apa yang harus dilakukan orang tua untuk mengurangi dampak screen time pada kemampuan bahasa anak? 

Anak bukannya tidak diperbolehkan menggunakan gadget seperti HP, televisi, dan sebagainya. Akan tetapi, segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Apalagi jika anak sampai kecanduan dan susah lepas dari screen time. Untuk itu, langkah bijak yang dapat Papa Mama lakukan adalah bersikap tegas terkait waktu menonton anak. 

Ikuti panduan screen time anak yang telah dianjurkan oleh WHO. Berdasarkan panduan tersebut, orang tua tidak dianjurkan memberikan gadget kepada anak yang masih di bawah 2 tahun. Untuk durasi screen time sendiri, maksimal 2 jam per hari. 

Selebihnya, orang tua harus banyak melibatkan anak untuk bermain permainan yang banyak melibatkan aktivitas fisik dan interaksi sosial. Hal ini bertujuan untuk menstimulasi kemampuan sensorik, motorik, dan perkembangan bahasa anak. 

Setelah membaca penjelasan mengenai dampak screen time pada anak, kini Papa Mama harus lebih tegas lagi dalam membatasi waktu sreen time si kecil. Hal tersebut tentu juga harus diimbangi dengan contoh baik secara nyata, di mana Papa Mama juga membatas waktu screen time diri sendiri.

Demikian pembahasan mengenai dampak scree time pada perkembangan bahasa anak. Jika Papa Mama merasa artikel ini menarik dan ingin tahu lebih banyak tentang tumbuh kembang anak. Simak juga artikel lain dari Tania Kids Center.

Ingin bertanya lebih lanjut tentang artikel ini ?

Silahkan konsultasikan pertanyaan anda pada kami

Artikel Terbaru

Kenapa Anak Suka Melepeh Makanan? 

Kenapa Anak Suka Melepeh Makanan? 

Anak suka melepeh makanan adalah hal yang wajar saat si kecil sedang belajar makan. Akan…
Penyebab Anak Takut Suara Keras

Penyebab Anak Takut Suara Keras

Anak Takut suara Keras ー Setiap orang tentu memiliki rasa takut. Mulai dari anak-anak, bahkan…
Mengapa Anak Cadel?

Mengapa Anak Cadel?

Mengapa Anak Cadel? Ada beberapa alasan yang menyebabkan anak cadel, atau tidak dapat mengucapkan huruf-huruf…
Hubungi Kami

Whatsapp / phone : 0811-181-1183
Email : taniakidsc@gmail.com
Alamat : Jl. Tanjung Duren Barat 1 No. 18
Jakarta Barat 11470 

Copyright © 2022. Tania Kid’s Center | Klinik Tumbuh Kembang Anak | Web Designed by Memarak