Cara Mengatasi Baby Blues Pasca Melahirkan

Wanita sedang hamil besar

Cara Mengatasi Baby Blues Pasca Melahirkan ─ Baby blues adalah kondisi emosional yang dialami oleh banyak wanita setelah melahirkan bayi mereka. Kondisi ini dapat mempengaruhi kebahagiaan, kesehatan mental, dan kesejahteraan seorang Mama. 

Dalam artikel ini, Tania Kids Center akan membahas tentang baby blues dan cara mengatasi kondisi tersebut. 

Baby blues adalah kondisi emosional yang dialami oleh sebagian besar wanita pasca bersalin. Biasanya, kondisi ini terjadi pada minggu pertama setelah melahirkan dan dapat berlangsung hingga tiga minggu. Gejala yang umum terjadi pada wanita dengan baby blues adalah perasaan sedih, gelisah, kelelahan, dan mudah marah. Selain itu, Mama yang mengalami baby blues juga dapat merasa cemas, kehilangan minat pada hal-hal yang biasa mereka sukai, dan merasa tidak mampu merawat bayi mereka. 

Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu mengatasi baby blues: 

Baby blues
Source: freepik.com

1. Istirahat yang Cukup dan Makanan Makanan Bergizi 

Setelah melahirkan, tubuh wanita membutuhkan waktu untuk pulih. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu untuk mendapatkan istirahat yang cukup agar tubuh mereka dapat pulih dan merasa lebih baik secara emosional. Cobalah untuk tidur atau beristirahat ketika bayi sedang tidur. 

Selain itu, Mama juga harus mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi dapat membantu tubuh pulih lebih cepat dan merasa lebih baik secara emosional. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, dan protein. 

2. Mencari Informasi Seputar Pengetahuan Bayi 

Papa Mama perlu mencari informasi seputar oengetahuan bayi, tapi pastikan sumber dri informasi tersebut dapat dipercaya dan divalidasi kebenarannya, ya. Jangan sampai Papa Mama mendapatkan informasi yang keliru dan memperburuk kondisi baby blues pascamelahirkan. 

3. Berbicara dengan Orang yang Dapat DIpercaya 

Penting bagi Mama yang mengalami baby blues untuk memiliki dukungan emosional dari orang yang dekat, seperti suami, keluarga, atau teman-teman yang dapat dipercaya jdan memahami kondisi Papa Mama. Berbicaralah dengan mereka tentang perasaan Mama dan minta dukungan mereka dalam menghadapi kondisi ini. 

4. Minta Bantuan Orang yang Berpengalaman 

Baby blues rawan terjadi pada Papa Mama baru, hal ini dikarenakan minimnya informasi dan pengalaman menjadi Papa Mama. Nah, yang dapat Papa mama lakukan adalah meminta batuan orang lain yang sudah brpengalaman, misalnya suster untuk new born baby. Dengan begitu, Papa Mama dapat mengamati sembari belajar merawat si kecil. 

5. Jangan Terlalu Idealis, yang Realistis Saja 

Mama yang mengalami baby blues seringkali merasa tidak mampu merawat bayi mereka dengan baik. Namun, penting untuk diingat bahwa menjadi ibu baru adalah sebuah proses dan butuh waktu untuk belajar. Jangan terlalu keras pada diri sendiri dan ingat bahwa Mama melakukan yang terbaik. Garisbawahi bahwa yang terpenting dalam ilmu parenting adalah nyaman bagi Papa Mama dan aman bagi anak. 

Dalam mengatasi baby blues, sangat penting untuk memahami bahwa kondisi ini adalah hal yang normal dan dapat diatasi. Jika perasaan sedih dan gelisah terus berlanjut setelah tiga minggu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan mental. 

Baca artikel menarik lainnya di Tania Kids Center.

Ingin bertanya lebih lanjut tentang artikel ini ?

Silahkan konsultasikan pertanyaan anda pada kami

Artikel Terbaru

Cara Mengatasi Anak Yang Kurang Fokus Dalam Belajar, Yang Perlu PapaMama Ketahui!

Cara Mengatasi Anak Yang Kurang...

Cara Mengatasi Anak Yang Kurang Fokus Dalam Belajar, Yang Perlu PapaMama Ketahui! – Ketika anak…
Manfaat Olahraga Renang Bagi Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Olahraga Renang Bagi Tumbuh...

Manfaat Olahraga Renang Bagi Tumbuh Kembang Anak – PapaMama harus tahu, bahwa berenang memiliki banyak…
Kebiasaan Orang Tua Yang Ternyata Tidak Baik Untuk Anak Yang Perlu Diketahui

Kebiasaan Orang Tua Yang Ternyata...

Kebiasaan Orang Tua Yang Ternyata Tidak Baik Untuk Anak Yang Perlu Diketahui – Orang tua…
Hubungi Kami

Whatsapp / phone : 0811-181-1183
Email : taniakidsc@gmail.com
Alamat : Jl. Tanjung Duren Barat 1 No. 18
Jakarta Barat 11470 

Copyright © 2022. Tania Kid’s Center | Klinik Tumbuh Kembang Anak | Web Designed by Memarak