Cara Melatih Anak Bicara dengan Jelas

cara melatih anak bicara

Cara Melatih Anak Bicara dengan Jelas-Berjalan dan bicara adalah kemampuan yang paling banyak ditunggu Papa Mama selama masa tumbuh kembang. Sayangnya, masalah tumbuh kembang yang menghambat dua kemampuan tersebut juga banyak terjadi. 

Misalnya saja, anak mengalami keterlambatan berjalan dan berbicara. Bentuk tulang kaki yang tidak tumbuh sempurna. Atau anak berbicara cadel, tidak jelas, dan lain sebagainya. Untuk itu, Papa Mama perlu melatih si kecil agar tumbuh kembangnya baik dan sempurna. 

Di bawah ini, Tania Kids Center akan memberikan tips untuk melatih buah hati agar dapat berbicara dengan jelas.

Tips Melatih Anak Bicara dengan Jelas

Biarkan Anak Mendengar 

Agar anak lancar bicara, Papa Mama harus melatih keterampilan bicaranya. Semakin sering anak mendengar percakapan dengan jelas. Kemampuan berbicara mereka akan semakin terasah. Sehingga seiring waktu mereka akan mampu berbicara dengan jelas dan benar karena mengikuti kata-kata yang mereka dengar. 

Untuk itu, Papa Mama perlu lebih banyak bercengkerama. Berbicaralah tentang apa saja, misalnya hal-hal yang Papa Mama pikirkan atau rasakan. Biarkan anak mendengar, menyerap, dan menurut setiap ucapan tersebut. Hindari kata-kata yang tidak pantas agar tidak ditiru oleh buah hati. 

Tekankan Kata-kata Penting

melatih anak bicara dengan jelas
source: freepik.com

Ketika Papa Mama bicara, cobalah untuk memperhatikan intonasi dan penekanan. Ucapkan kata yang Papa Mama Angga penting dengan penekanan lebih. Lakukan penekanan baik melalui intonasi, volume, atau gerakan tertentu, agar anak lebih mudah memahami dan mengenal kata tersebut. 

Penekanan ini berguna untuk melatih anak agar lebih fokus pada kata-kata spesifik yang dianggap penting dan banyak digunakan untuk percakapan sehari-hari. Sehingga ketika anak dapat mengucapkannya suatu hari nanti, mereka akan mengucapkan dengan lancar dan jelas. 

Ajukan Pertanyaan Pilihan 

Selain mendengar, Papa Mama juga harus mengajak anak untuk berbicara. Cara yang dapat Papa Mama lakukan adalah dengan mengajukan pertanyaan pilihan. 

Tanyakan pada anak sekaligus beri kesempatan bagi mereka untuk memilih dan berbicara. Gunakan bahasa yang baik, benar, tapi tetap sederhana agar dapat dipahami anak. Berikan juga penekanan pada kata-kata tertentu. 

Misalnya, tanyakan pada anak. “Adik, mau makan pisang atau pepaya?” dengan menekankan pada kata pisang dan pepaya. Kemudian, biarkan si kecil berusaha mengucapkan pilihannya. 

Ajak Anak Bercerita 

Jika anak sudah banyak mendengar dan memiliki perbendaharaan kata yang cukup. Papa Mama dapat memancingnya untuk bercerita. Pancing dengan masalah atau mainan yang dapat membuat anak bercerita panjang. 

Saat anak sudah bercerita, Papa Mama dapat membantu mengoreksi ucapannya yang tidak tepat. Kemudian, minta si kecil mengucapkan ulang kata tersebut dengan pengucapan yang seharusnya. Dengan begitu, anak akan belajar mengenai ucapan yang benar dan salah. Hal ini dapat menstimulasi kemampuan bicaranya dengan benar dan jelas.

Simak artikel lain dari Tania Kids Center di sini

Ingin bertanya lebih lanjut tentang artikel ini ?

Silahkan konsultasikan pertanyaan anda pada kami

Artikel Terbaru

Kenapa Anak Suka Melepeh Makanan? 

Kenapa Anak Suka Melepeh Makanan? 

Anak suka melepeh makanan adalah hal yang wajar saat si kecil sedang belajar makan. Akan…
Penyebab Anak Takut Suara Keras

Penyebab Anak Takut Suara Keras

Anak Takut suara Keras ー Setiap orang tentu memiliki rasa takut. Mulai dari anak-anak, bahkan…
Mengapa Anak Cadel?

Mengapa Anak Cadel?

Mengapa Anak Cadel? Ada beberapa alasan yang menyebabkan anak cadel, atau tidak dapat mengucapkan huruf-huruf…
Hubungi Kami

Whatsapp / phone : 0811-181-1183
Email : taniakidsc@gmail.com
Alamat : Jl. Tanjung Duren Barat 1 No. 18
Jakarta Barat 11470 

Copyright © 2022. Tania Kid’s Center | Klinik Tumbuh Kembang Anak | Web Designed by Memarak