Cara Melatih Anak Berhitung dengan Kegiatan berikut ini!

Cara Melatih Anak Berhitung dengan Kegiatan berikut ini! – MamaPapa mungkin sering mengamati bahwa anak pada usia balita sudah mulai bisa mengucapkan angka. Namun, apakah MamaPapa juga tahu bahwa ternyata anak pada usia ini sudah mulai tertarik belajar berhitung? Hal ini bisa diperhatikan dari perilaku anak yang mulai penasaran dan menghitung benda-benda di sekitarnya.

Berhitung merupakan salah satu kemampuan dasar yang sangat penting untuk dimiliki oleh anak. Berhitung adalah suatu kemampuan kognitif yang kegiatannya mencakup mengurutkan bilangan atau angka dan juga memanipulasi jumlah seperti penjumlahan dan pengurangan. Kemampuan berhitung menjadi salah satu kemampuan kognitif dasar yang harus dimiliki oleh anak. 

Cara Melatih Anak Berhitung

Belajar berhitung bagi anak merupakan suatu hal yang sulit untuk dipelajari yang kemudian membuat MamaPapa stres olehnya. Padahal MamaPapa dapat belajar berhitung dengan si buah hati dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan.

Mengajari anak menghitung itu dapat melalui cara yang paling mudah dan tidak membuat anak merasa kesulitan. Berikut adalah berbagai cara yang MamaPapa dapat lakukan untuk melatih anak berhitung.

Menghitung Benda di Lingkungan Sekitar

Salah satu cara yang dapat MamaPapa lakukan untuk belajar berhitung ialah dengan cara menghitung benda yang ada di lingkungan sekitar. MamaPapa dapat memanfaatkan ini untuk melatih anak berhitung. 

MamaPapa bisa mengajak si buah hati menghitung benda sekitar seperti mainan favorit anak, atau menghitung benda seperti sendok dan sebagainya. Melatih anak dengan cara ini dapat membuat MamaPapa lebih dekat dengan anak dan membuat anak senang untuk belajar berhitung.

Berhitung dengan Jari 

Salah satu cara yang paling mudah yang dapat MamaPapa gunakan ialah belajar berhitung menggunakan jari. Cara ini dapat dibilang sebagai cara sederhana dan sangat efektif untuk diajarkan pada si buah hati. Jari sendiri merupakan alat bantu visual paling alami dan efektif untuk belajar matematika dengan si buah hati.

MamaPapa dapat mengajak anak berhitung sambil bermain menggunakan jari. Cara ini bisa menumbuhkan kesadaran pada si anak bahwa jari merupakan salah satu alat yang dapat membantunya untuk belajar berhitung

Berhitung Sambil Bernyanyi

Salah satu cara yang dapat MamaPapa lakukan ialah belajar berhitung sambil bernyanyi dengan si buah hati. MamaPapa cobalah mengajak anak menghitung benda-benda yang ada disekitarnya sambil bernyanyi. 

Penggunaan suara yang lantang dan jelas juga secara tidak langsung membuat anak dapat lebih mudah memahaminya. Belajar berhitung sambil bernyanyi seperti ini akan membuat anak lebih senang dalam memahami konsep dan arti dari sebuah angka. 

Berhitung sambil Menggambar

Selanjutnya, salah satu cara yang dapat MamaPapa lakukan ialah belajar berhitung dengan si buah hati sambil menggambar. Riset menyebutkan bahwa belajar berhitung sambil menggambar dapat membantu anak memahami matematika secara lebih baik. 

Berhitung sambil menggambar juga dapat melatih kreativitas anak dan membantu MamaPapa memahami pola pikir anak. Cara ini juga membantu untuk menilai sudah sejauh mana anak memahami konsep pembelajaran yang sudah diajarkan.

Berhitung sambil Membaca

Selanjutnya, MamaPapa bisa mengenalkan buku pada anak karena hal tersebut memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat kegiatan membaca dengan anak ialah dapat membangun hubungan yang kuat dan sehat antara orang tua-anak.

Jika anak memiliki kemampuan berbahasa yang baik, hal ini juga akan mempengaruhi kemampuan anak untuk berhitung. MamaPapa juga dapat memilih buku yang berisikan tentang perhitungan yang mudah untuk ditiru si buah hati. 

Berikut merupakan cara yang dapat MamaPapa gunakan untuk melatih anak berhitung, MamaPapa tidak perlu bingung lagi untuk mengajak si buah hati belajar berhitung dengan cara yang menyenangkan, bukan? Apabila si buah hati kesulitan dalam belajar berhitung, MamaPapa dapat mengonsultasikan hal ini lebih lanjut ke Tania Kids’ Center untuk mendapatkan tips- tips yang lebih banyak lagi. 

Ingin bertanya lebih lanjut tentang artikel ini ?

Silahkan konsultasikan pertanyaan anda pada kami

Artikel Terbaru

Cara Mengajarkan Anak Untuk Menjadi Lebih Empati Yang Perlu PapaMama Ketahui

Cara Mengajarkan Anak Untuk Menjadi...

Cara Mengajarkan Anak Untuk Menjadi Lebih Empati Yang Perlu PapaMama Ketahui – Rasa empati pada…
4 Cara Melatih Anak Tumbuh Menjadi Percaya Diri Yang Perlu PapaMama Ketahui

4 Cara Melatih Anak Tumbuh...

5 Cara Melatih Anak Tumbuh Menjadi Percaya Diri Yang Perlu PapaMama Ketahui – Apakah PapaMama…
Alasan Mengapa Anak Tidak Mendengarkan PapaMama!

Alasan Mengapa Anak Tidak Mendengarkan...

Alasan Mengapa Anak Tidak Mendengarkan Orang Tua! – Terkadang sebagai orang tua, tentu PapaMama ingin…
Hubungi Kami

Whatsapp / phone : 0811-181-1183
Email : taniakidsc@gmail.com
Alamat : Jl. Tanjung Duren Barat 1 No. 18
Jakarta Barat 11470 

Copyright © 2022. Tania Kid’s Center | Klinik Tumbuh Kembang Anak | Web Designed by Memarak