Begini Cara Mengembangkan Bakat dan Minat Anak

cara mengembangkan bakat minat anak

Cara Mengembangkan Bakat dan Minat Anak — Setiap anak memiliki bakat dan minat berbeda. Beberapa anak mungkin bertalenta di bidang akademis, yang lain mungkin saja memiliki bakat di bidang olahraga, ada juga anak yang memiliki kepiawaian di bidang seni. 

Sebagai orang tua, Papa Mama tentu ingin melihat si kecil memiliki prestasi sesuai dengan bakat dan minat mereka. Namun, yang menjadi persoalan adalah  bagaimana caranya menemukan bakat dan minat anak serta mengembangkannya. 

Tapi tak perlu khawatir, Tania Kids Center memiliki tips bagi Papa Mama untuk menemukan dan mengembangkan bakat dan minat anak. Bagaimanakah caranya? 

Table of Contents: 

Cari Tahu Jenis Kecerdasan Anak 

Beri Stimulasi Positif 

Berikan Ruang Eksplorasi 

Dukung Bakat Minat Anak 

Cara Mengembangkan Bakat dan Minat Anak

cara mengembangkan bakat minat anak
source: freepik.com

Cari Tahu Jenis Kecerdasan Anak

Masing-masing memiliki kecerdasannya sendiri. Untuk mengembangkan bakat dan minat anak, Papa Mama harus mencari tahu jenis kecerdasan apa yang dimiliki si kecil. Berdasarkan penelitian dari Harvard University, ada 9 jenis kecerdasan yang di antaranya mungkin dimiliki anak. 

Kecerdasan-kecerdasan tersebut antara lain adalah kecerdasan kinestetik, interpersonal, intrapersonal, musikal, visual, logika, bahasa, naturalis, dan ekstensial. Sembilan jenis kecerdasan ini disebut multiple intelligence

Untuk mencari tahu jenis kecerdasan anak, Papa Mama dapat mengamati apa yang menjadi kegemaran anak. Sebagai contoh, si kecil gemar bermain musik atau bernyanyi, ada kemungkinan jenis kecerdasan anak adalah kecerdasan musikal. 

Beri Stimulasi Positif

Berikan rangsangan pada anak agar mereka dapat mengasah minat dan bakatnya. Ketika anak menunjukkan ketertarikan pada sebuah hal, Papa Mama jangan ragu-ragu untuk memberikan kesempatan bagi si kecil untuk belajar.

Stimulasi positif dapat Papa Mama lakukan dengan memperkenalkan si kecil dengan berbagai macam kegiatan yang dapat mengasah minat serta bakatnya. 

Berikan Ruang Eksplorasi

Cara mengembangkan bakat minat anak selanjutnya adalah dengan memberikan ruang eksplorasi. Meskipun terkadang anak memiliki bakat dan minat yang tidak sejalur dengan keinginan Papa Mama, tapi sebagai orang tua Papa Mama tidak boleh membatasi kreativitas anak apalagi memaksakan kehendak. 

Misalnya saja, Papa Mama memiliki harapan anak memiliki bakat di bidang musikal. Akan tetapi, ternyata anak menunjukkan tanda-tanda kinestetik. Langkah yang tepat bagi Papa Mama adalah memberikan ruang eksplorasi yang sesuai bakat dan minatnya. 

Dukung Bakat Minat Anak

Hal tak kalah penting yang dapat dilakukan Papa Mama untuk mengembangkan bakat dan minat anak adalah memberikan dukungan yang positif. Papa Mama harus menjadi sosok paling suportif bagi si kecil.

Bentuk dukungan yang dapat Papa Mama berikan antara lain adalah apresiasi. Apresiasi setiap kali anak berhasil memberikan apresiasi sekecil apa pun itu. Apresiasi dapat berupa motivasi maupun reward seperti ucapan selamat, pujian, hadiah, perayaan, dan lain sebagainya sesuai dengan karakteristik anak. 

Itulah beberapa hal yang dapat Papa Mama lakukan untuk menemukan dan membantu anak dalam mengembangkan bakat yang mereka miliki. Sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang tua untuk terus memberikan perhatian dan dukungan kepada anak. Satu hal yang perlu ditekankan adalah setiap anak lahir dengan keunikan dan bakat minat yang berbeda. Untuk itu, jangan pernah membandingkan bakat satu anak dengan yang lainnya. Alih-alih asah kemampuan mereka dengan memberikan support yang sesuai. 

Temukan informasi menarik lain oleh Tania Kids Center tentang tumbuh kembang anak dan tips parenting di sini.

Ingin bertanya lebih lanjut tentang artikel ini ?

Silahkan konsultasikan pertanyaan anda pada kami

Artikel Terbaru

Ketika Anak Dilabeli Nakal Di Sekolah

Ketika Anak Dilabeli Nakal Di...

Apa yang harus Papa Mama lakukan ketika anak dikenal nakal di sekolah? Simak artikel ini…
Tips Melerai Ketika Kakak dan Adik Bertengkar

Tips Melerai Ketika Kakak dan...

Tips Melerai Ketika Kakak Adik Bertengkar − Sibling rivalvy atau pertikaian antara kakak dan adik…
Apa Itu Autisme Virtual?

Apa Itu Autisme Virtual?

Apa Itu Autisme Virtual — Papa Mama tentu sudah tahu bahwa paparan screen time yang…
Hubungi Kami

Whatsapp / phone : 0811-181-1183
Email : taniakidsc@gmail.com
Alamat : Jl. Tanjung Duren Barat 1 No. 18
Jakarta Barat 11470 

Copyright © 2022. Tania Kid’s Center | Klinik Tumbuh Kembang Anak | Web Designed by Memarak