Anak Susah Makan? Atasi Dengan Terapi Oral Motor 

Masalah susah makan memang sudah menjadi masalah umum dan masalah terbesar bagi orang tua. Mama atau Papa sudah capek-capek masak, eh si kecil malah tidak mau makan. Apalagi jika kondisi seperti ini berlarut-larut dan berimbas pada berat badan si kecil yang menurun. 

Ciri-ciri gangguan oromotor yang sebabkan anak susah makan 

Terdapat berbagai penyebab mengapa anak susah makan, yaitu salah satunya karena gangguan oral motor atau gangguan oromotor. Gangguan oral motor atau gangguan pergerakan motorik mulut ini bisa menyebabkan anak mengalami kesulitan mengunyah serta menelan, apalagi jika makanannya berserat atau bertekstur kasar. 

Gangguan oral motor seperti ini perlu ditangani dan diberikan terapi yang tepat. Pasalnya, jika tidak ditangani, gangguan oral motor bisa membuat si kecil kesulitan makan hingga kesulitan dalam berbicara. Hal ini tentunya akan memengaruhi kualitas hidup anak dalam jangka panjang. 

Sebelum MamaPapa mengatasinya, MamaPapa perlu mengenali dulu apa saja ciri-ciri anak dengan gangguan oral motor yang menyebabkan mereka susah makan. Simak penjelasan berikut : 

  • Mengalami hipersensitivitas pada area wajah dan oral. Si kecil sering menolak ketika area wajahnya disentuh. 
  • Mulut terbiasa dalam posisi terbuka secara tidak sadar. Misalnya saat si kecil sedang fokus mengamati atau menonton dengan posisi mulut terbuka. 
  • Usia lebih dari 2 tahun tapi masih ngeces. Ini menandakan bahwa otot-otot bicaranya masih terlalu lemah. 
  • Belum bisa meniup atau menyedot minuman dengan sedotan padahal usianya sudah lebih dari 2 tahun. 
  • Tidak suka dengan tekstur makanan yang kasar. 
  • Kerap tersedak saat makan, seringnya karena makan tidak dikunyah dan langsung ditelan. 
  • Memiliki refleks muntah yang berlebihan ketika makan atau sikat gigi. 
  • Menolak untuk sikat gigi.  
Sumber : http://freepik.com

Terapi Oral Motor Membantu Atasi Gangguan Makan pada Anak 

Terapi bisa dilakukan jika gangguan makan si kecil akibat masalah pada oral motor. Membantu meningkatkan fungsi otot-otot makan, seperti, otot rahang, otot bibir, dan otot lidah dengan terapi oral motor. Ini juga membantu menormalisasi sensori oral anak, jika sensori anak terganggu juga bisa menyebabkan si kecil susah makan. 

Saat ini orang tua sudah banyak yang mengenal terapi oral motor, sebagai solusi para orang tua untuk mengatasi masalah susah makan pada anak. Dan tidak sedikit juga orang tua yang melakukannya sendiri di rumah. 

Namun jika ingin memperoleh hasil yang maksimal dan sesuai harapan, alangkah lebih baiknya jika terapi oral motor ini dilakukan atas saran dan didampingi oleh pendamping profesional. 

Apabila teknik yang digunakan kurang tepat maka terapi akan percuma dilakukan. Karena terapi ini bukan hanya mengatasi masalah susah makan tetapi juga mengatasi masalah keterlambatan bicara atau masalah oral lainnya. 

Cara melakukan terapi oral motor di rumah 

Untuk mengatasi masalah susah makan, terapi ini sangat mudah untuk dilakukan. MamaPapa hanya perlu menyiapkan toothbrush training atau sikat gigi silikon khusus bayi. Kemudian si kecil diminta untuk menggigit sebanyak 10 kali pada masing-masing rahang. 

Gerakan 10 kali ini di disasarkan pada saat kita mengunyah daging tidak cuma satu atau dua kali gigit saja. Jadi perlunya melatih otot rahang si kecil supaya terbiasa dengan makanan yang bertekstur keras. 

Selain dengan cara sikat gigi diatas, MamaPapa juga bisa melakukan terapi oral motor dengan memijat wajah si kecil, atau memintanya meniup balon tahu peluit, serta menekan-nekan area bibir bayi. 

Kesimpulan  

Perlu MamaPapa ingat bahwa terpai oral motor ini akan efektif atasi susah makan pada anak jika dilakukan secara rutin dengan frekuensi yang teratur. Jika dilakukan jarang-jarang maka progresnya akan lambat atau bahkan tidak efektif sama sekali.  

Baca juga : https://taniakidscenter.com/mamapapa-bisa-coba-cara-ini-untuk-tingkatkan-stimulasi-oromotor-pada-anak/

Ingin bertanya lebih lanjut tentang artikel ini ?

Silahkan konsultasikan pertanyaan anda pada kami

Artikel Terbaru

Cara Mengajarkan Anak Untuk Menjadi Lebih Empati Yang Perlu PapaMama Ketahui

Cara Mengajarkan Anak Untuk Menjadi...

Cara Mengajarkan Anak Untuk Menjadi Lebih Empati Yang Perlu PapaMama Ketahui – Rasa empati pada…
4 Cara Melatih Anak Tumbuh Menjadi Percaya Diri Yang Perlu PapaMama Ketahui

4 Cara Melatih Anak Tumbuh...

5 Cara Melatih Anak Tumbuh Menjadi Percaya Diri Yang Perlu PapaMama Ketahui – Apakah PapaMama…
Alasan Mengapa Anak Tidak Mendengarkan PapaMama!

Alasan Mengapa Anak Tidak Mendengarkan...

Alasan Mengapa Anak Tidak Mendengarkan Orang Tua! – Terkadang sebagai orang tua, tentu PapaMama ingin…
Hubungi Kami

Whatsapp / phone : 0811-181-1183
Email : taniakidsc@gmail.com
Alamat : Jl. Tanjung Duren Barat 1 No. 18
Jakarta Barat 11470 

Copyright © 2022. Tania Kid’s Center | Klinik Tumbuh Kembang Anak | Web Designed by Memarak