‘Anak Nakal’ Mitos Atau Memang Benar Adanya?

‘Anak Nakal’ Mitos Atau Memang Benar Adanya?PapaMama mungkin bertanya-tanya mengapa anak menjadi susah diatur ketika memasuki usia balita. Terlebih anak yang sebelumnya tergolong penurut dan tidak susah diatur. Saat anak bertingkah, banyak orang tua yang tidak tahu dan tidak ingin tahu apa yang menjadi penyebabnya. 

Anak yang banyak tingkah dan menjadi sulit dikontrol itu bukan berarti anak menjadi nakal. Justru sebaliknya, anak di usia 3-5 tahun otaknya telah berkembang hingga 80% dari otak manusia dewasa dan anak menjadi semakin pintar. Tetapi masih banyak dari PapaMama yang menyalahartikan tindakan tersebut sebagai tingkah nakal. 

Dilansir dari Ibupedia, anak-anak menggunakan perilaku mereka untuk menunjukkan perasaan mereka dan apa yang mereka pikirkan. Anak-anak memiliki perasaan yang besar, tetapi sayangnya apa yang mereka rasa itu tidak dapat mereka ungkapkan secara verbal, oleh karena itu mereka mengungkapkannya dari perilaku mereka yang terkadang orang tua menganggapnya itu suatu tindakan nakal.

Jangan Melabeli Anak dengan Sebutan ‘Nakal’

Melabeli anak dengan hal negatif ini sangat berdampak pada kondisi mental anak dan juga orang tua. Terlalu sering menyebut ‘anak nakal’ akan menciptakan pikiran negatif pada anak dan orang tua. Saat pikiran negatif menguasai, orang tua cenderung memikirkan tentang hukuman sebagai solusi yang paling tepat, padahal tidak seperti itu. Pemikiran negatif seperti ini justru akan menghambat orang tua untuk mencari solusi dari sudut pandang lain. Jika PapaMama berpikir jernih pasti akan lebih mudah untuk mengetahui apa yang sebenarnya anak inginkan. 

Kapan PapaMama Harus ke Psikolog atau Tenaga Profesional?

Pada dasarnya perkembangan setiap anak berbeda-beda. Meski begitu, perkembangan psikologis anak memiliki beberapa tahapan tertentu. Tahapan tersebut bisa dijadikan sebagai patokan oleh PapaMama. 

Jika anak menunjukkan perilaku yang berlebihan seperti anak yang hampir setiap saat tantrum di usia balita. PapaMama bisa mengonsultasikannya langsung dengan psikolog atau tenaga ahli untuk dilakukan assessment dan menilai perilaku anak yang kemudian dapat diambil tindakan yang sesuai. 

Dapat disimpulkan bahwa, banyak ahli yang menyatakan kalau anak nakal itu sebenarnya tidak ada. Memasuki usia balita, anak bukan berubah menjadi nakal, akan tetapi kemampuan otak mereka yang semakin meningkat baik dari aspek kognitif, memori, hingga emosi. 

PapaMama juga sebaiknya menghindari diagnosa mandiri terkait perilaku anak agar PapaMama tidak keliru dalam memberikan penanganan. PapaMama bisa mengonsultasikan terkait perilaku anak pada ahlinya di Tania Kids’ Center, ya!

Ingin bertanya lebih lanjut tentang artikel ini ?

Silahkan konsultasikan pertanyaan anda pada kami

Artikel Terbaru

Cara Mengatasi Anak Yang Kurang Fokus Dalam Belajar, Yang Perlu PapaMama Ketahui!

Cara Mengatasi Anak Yang Kurang...

Cara Mengatasi Anak Yang Kurang Fokus Dalam Belajar, Yang Perlu PapaMama Ketahui! – Ketika anak…
Manfaat Olahraga Renang Bagi Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Olahraga Renang Bagi Tumbuh...

Manfaat Olahraga Renang Bagi Tumbuh Kembang Anak – PapaMama harus tahu, bahwa berenang memiliki banyak…
Kebiasaan Orang Tua Yang Ternyata Tidak Baik Untuk Anak Yang Perlu Diketahui

Kebiasaan Orang Tua Yang Ternyata...

Kebiasaan Orang Tua Yang Ternyata Tidak Baik Untuk Anak Yang Perlu Diketahui – Orang tua…
Hubungi Kami

Whatsapp / phone : 0811-181-1183
Email : taniakidsc@gmail.com
Alamat : Jl. Tanjung Duren Barat 1 No. 18
Jakarta Barat 11470 

Copyright © 2022. Tania Kid’s Center | Klinik Tumbuh Kembang Anak | Web Designed by Memarak