5 Ide Permainan Sensori Seru untuk Anak 4 Tahun

permainan sensori anak 4 tahun

Anak-anak pada usia 4 tahun tengah dalam masa tumbuh kembang yang penting dan kritis. Di usia ini, anak-anak sedang belajar dan mengembangkan keterampilan motorik, kognitif, sosial, dan emosional yang penting untuk masa depan mereka. Salah satu cara yang dapat Papa Mama lakukan untuk membantu mengoptimalkan perkembangan sensori anak pada usia 4 tahun adalah dengan memberikan permainan sensori. 

permainan sensori anak 4 tahun
source: freepik.com

Permainan sensori adalah jenis permainan yang mengajak anak untuk mengenal dunia sekitarnya melalui indera. Jenis permainan ini sangat baik untuk memfasilitasi perkembangan keterampilan motorik, kognitif, sosial, dan emosional anak. Berikut adalah lima ide permainan sensori seru ala Tania Kids Center yang bisa Papa Mama coba untuk mainkan bersama si kecil pada usia 4 tahun:

Ide Permainan Sensori yang Cocok untuk Anak 4 Tahun

Pasir Kinestetik 

Permainan pasir kinetik adalah permainan yang memungkinkan anak merasakan tekstur dan gerakan pasir yang unik. Pasir kinetik ini terbuat dari bahan yang lembut dan tidak beracun sehingga aman untuk dimainkan oleh anak-anak. Anak-anak dapat membentuk berbagai bentuk dengan pasir kinetik ini, mulai dari bentuk lingkaran, segitiga, persegi, atau bentuk bebas lainnya. Selain itu, pasir kinetik juga dapat membantu meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak. 

Permainan Mainan Air 

Anak-anak pada usia 4 tahun suka bermain dengan air. Memberikan permainan mainan air seperti ember, panci, gelas, dan botol plastik dapat membantu anak-anak merasakan air dalam berbagai bentuk dan gerakan. Si kecil dapat bermain dengan menuangkan air dari satu wadah ke wadah lainnya atau mencuci mainan mereka dengan air. Papa Mama jangan takut si kecil akan kotor atau basah karena permainan air, ya. 

Permainan Pasir Pantai 

Permainan pasir pantai adalah permainan yang menyenangkan untuk dimainkan di luar ruangan. Baik indera peraba, penglihatan, bahkan pendengaran dapat terstimulasi ketika anak bermain pasir di pantai. Anak dapat bermain dengan pasir, membentuk bentuk-bentuk yang mereka inginkan, atau bermain dengan mainan pasir seperti cetakan dan kerang. Selain itu, permainan pasir pantai juga membantu anak-anak untuk berinteraksi dengan lingkungan alami. 

Permainan Slime 

Slime adalah jenis permainan sensori yang bisa membantu mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak. Teksturnya yang elastis membuat anak dapat bermain dengan membentuk slime menjadi berbagai bentuk seperti bola, cincin, atau hewan. Selain itu, slime juga membantu mengembangkan keterampilan motorik halus dan sensori anak. 

Bermain dengan Cat Air 

Permainan dengan cat air bisa membantu mengembangkan kreativitas anak, mengasah koordinasi mata-tangan, dan juga stimulasi indera dengan warna dan bentuk. Sediakan cat air yang aman dan kuas. Ajak anak untuk membuat gambar atau menciptakan bentuk-bentuk baru menggunakan cat air tersebut. 

Demikianlah beberapa ide permainan sensori seru untuk anak usia 4 tahun. Selain bermanfaat untuk stimulasi tumbuh kembang anak, permainan sensori juga dapat membantu anak untuk belajar dan mengeksplorasi dunia di sekitarnya dengan cara yang menyenangkan dan kreatif. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan keselamatan anak dalam melakukan permainan dan selalu memberikan pengawasan yang cukup.

Baca artikel lain dari Tania Kids Center di sini.

Ingin bertanya lebih lanjut tentang artikel ini ?

Silahkan konsultasikan pertanyaan anda pada kami

Artikel Terbaru

Cara Mengatasi Anak Yang Kurang Fokus Dalam Belajar, Yang Perlu PapaMama Ketahui!

Cara Mengatasi Anak Yang Kurang...

Cara Mengatasi Anak Yang Kurang Fokus Dalam Belajar, Yang Perlu PapaMama Ketahui! – Ketika anak…
Manfaat Olahraga Renang Bagi Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Olahraga Renang Bagi Tumbuh...

Manfaat Olahraga Renang Bagi Tumbuh Kembang Anak – PapaMama harus tahu, bahwa berenang memiliki banyak…
Kebiasaan Orang Tua Yang Ternyata Tidak Baik Untuk Anak Yang Perlu Diketahui

Kebiasaan Orang Tua Yang Ternyata...

Kebiasaan Orang Tua Yang Ternyata Tidak Baik Untuk Anak Yang Perlu Diketahui – Orang tua…
Hubungi Kami

Whatsapp / phone : 0811-181-1183
Email : taniakidsc@gmail.com
Alamat : Jl. Tanjung Duren Barat 1 No. 18
Jakarta Barat 11470 

Copyright © 2022. Tania Kid’s Center | Klinik Tumbuh Kembang Anak | Web Designed by Memarak